Nelayan dan KPLP Banda Berhasil Temukan Kapal Ikan KM Dzathan yang  Hilang – KILASMALUKU.com
DAERAH

Nelayan dan KPLP Banda Berhasil Temukan Kapal Ikan KM Dzathan yang  Hilang

Kapal Ikan KM Dzathan saat berlabuh di Pelabuhan Banda

KILASMALUKU.com- Pencarian kapal ikan, KM Dzathan yang hilang kontak di perairan Banda, Kamis (13/9) membuahkan hasil. Nelayan bersama KPLP Banda berhasil menemukan kapal tersebut tidak jauh dari titik koordinat 04⁰ 09’17” S – 129⁰ 13’42” E.

Kasno, perwakilan dari KPLP Banda mengungkapkan, pencarian dilakukan sejak pukul 12.00 WIT, Jumat (14/9). Bersama masyarakat yang tediri dari Usman, Anhar, Tuam, Rino dan Wole, kapal ikan KM Dzathan berhasil ditemukan dalam kondisi mesin mati.

“Kapalnya baik-baik saja, hanya mesin yang mengalami kerusakan. Seluruh penumpang sehat kecuali satu orang yang kemungkinan mengalami mabuk laut. Sementara yang bersangkutan sudah kami antar ke Naira, sementara yang lain masih diatas kapal,” ujar Kasno, kepada KILASMALUKU.com, Jumat (14/9).

Dikatakan, setelah ditemukan, kapal KM Dzathan kemudian ditarik dengan menggunakan speedboat yang dipakai untuk pencarian.

“Karena kondisi laut yang sedikit bergelombang, Speedboat yang dipakai tidak mampu menarikanya lebih jauh lagi, sehingga terpaksa kita melepasnya kurang lebih 20 mil dari Pulau Rhun, Kecamatan Banda,” ujar Kasno.

Seluruh ABK, tambahnya masih berada diatas dikapal. Mereka hanya meminta untuk dicarikan suku candang mesin agar segera dilaukan diperbaiki.

“Kami juga memberi mereka bahan bakar untuk keperluan genzet. Mereka semua dalam keadaan sehat dan tidak kekurangan makanan. Saat ini KPLP Banda sudah melaporkan posisi Kapal tersebut ke Ambon,” singkatnya.

Sebelumnya, Kapal Ikan KM Dzathan dilaporkan hilang pada Kamis (13/9), sekitar pukul 09.30 WIT, di sekitar Perairan Laut Banda, Kabupaten Maluku Tengah. Kapal mengangkut 4 orang, yaitu Au (27), Arifin (27), Ibrahim La gane (43) dan Udin (30).

Kapal diketahui belrayar dari Banda tujuan Ambon, dan mengalami mati mesin di kordinat 04⁰ 09’17” S – 129⁰ 13’42” E laut Banda. (Redaksi_KM01)

Comments

comments

Click to comment

NEWS UPDATE

BUAT HARI ANDA BERKUALITAS
QUICK CONTACT:
OFFICE :

Graha L9 Lantai 3, Jalan. Raya Kebayoran Lama Pal 7. No 17, Jakarta Selatan.

© 2016 KILASMALUKU.COM by FAJAR.co.id

To Top