Pemprov Maluku Serahkan Zakat Lewat Baznas – KILASMALUKU.com
AMBOINA

Pemprov Maluku Serahkan Zakat Lewat Baznas

KILASMALUKU.com- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku, Kamis (31/5), bertempat di Lantai 7 Kantor Gubernur Maluku, secara simbolis menyerahkan zakat kepada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Daerah Provinsi Maluku untuk dikelola dan diserahkan kepada mereka yang berhak mendapatkan.

“Tahun ini, Pemprov Maluku mulai mendorong umat Islam di Maluku agar memberikan kepercayaan kepada Baznas Provinsi dan Baznas Kabupaten/Kota untuk mengelola zakat mereka. Dan ini dimulai dengan mengajak Pejabat Eselon I, II, dan III untuk membayar zakat melalui Baznas daerah,” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Maluku,

Zeth Sahuburua dalam sambutan yang disampaikan Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM), Halim Daties. Zakat tersebut diserahkan Pemerintah Provinsi Maluku yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan, Halim Daties, kepada Ketua BAZNAS Provinsi Maluku Arsyad Renwarin. Dalam Undang-Undang (UU) No. 23 Tahun 2011, tentang Pengelolaan Zakat, sebut Sahuburua, Baznas sebagai lembaga yang berwenang melakukan tugas pengelolaan zakat secara nasional, sementaa di tingkat provinsi dan kabupaten/kota, dibetuk Baznas provinsi dan kabupaten/kota.

“Dalam UU ini jelas, disebutkan bahwa tujuan dari pengelola zakat pertama, meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan dalam pengelolaan zakat dan kedua, meningkatkan manfaat zakat untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan penanggulangan kemiskinan,” ujarnya.

Kemudian, tiga tahun kemudian, tepatnya 14 februari 2014, pemerintah menetapkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 14 Tahun 2014 tentang Pelaksanaan UU Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat dan menjadi acuan pelaksanaan teknis operasional pengelolaan zakat di Indonesia.

“Sebagai tindaklanjut dari UU dan PP tersebut, Pemerintah Provinsi Maluku telah membentuk Baznas Provinsi Maluku dan selanjutnya diikuti dengan pembentukan Baznas kabupaten/kota di seluruh wilayah Provinsi Maluku,” terangnya (Redaksi_KM01)

Comments

comments

Click to comment

NEWS UPDATE

BUAT HARI ANDA BERKUALITAS
QUICK CONTACT:
OFFICE :

Graha L9 Lantai 3, Jalan. Raya Kebayoran Lama Pal 7. No 17, Jakarta Selatan.

© 2016 KILASMALUKU.COM by FAJAR.co.id

To Top