Murad Ismail Unggul di Survei JSN, Tuarita: Aneh, BAILEO tidak Pakai LSI – KILASMALUKU.com
POLITIK

Murad Ismail Unggul di Survei JSN, Tuarita: Aneh, BAILEO tidak Pakai LSI

Konvrensi pers JSN YANG DILAKUKAN oleh Direktur SUPERVISI, HASAN BAHTA (KIRI) DAN DIREKTUR RISET DAFIT ZULHENDRA.

KILASMALUKU.com- Jaringan Survei Nasional (JSN) baru saja mengeluarkan hasil survei terbarunya per 1-7 Mei 2018, dengan tema ‘2018 Maluku Ganti Gubernur kah?’. Hasilnya, sebagian besar responden menginginkan gubernur baru.

Kesimpulan tersebut disebabkan karena publik beranggapan gubernur saat ini, dianggap tidak bisa mengatasi kemiskinan dan pengangguran di Maluku.

Karena itu, menurut survei JSN, presentasi yangenginginkan untuk ganti gubernur adalah 55 persen, sementara yang masih menginkan gubernur 28 persen.

Survei ini juga menyebutkan, dari tiga calon, Said Assagaff-Andreas Rentanubun (SANTUN), Herman Koedoeboen-Abdullah Vanath (HEBAT), dan Murad Ismail Barnabas Orno (BAILEO), tingkat terpilihan yang tertinggi adalah Murad Ismail.

Dari hasil survei JSN, pasangan BAILEO memiliki tingkat elektabilitas yang tinggi dibandingkan dua pesaingnya yaitu 24,30 persen, sementara Said Assagaff-Anderias Rentanubun (SANTUN) 22,70 persen dan Herman Koedoeboen-Abdullah Vanath (HEBAT) hanya 21,60 persen. Sisahnya 31,40 persen masih rahasia atau belum menentukan pilihan.

“Jadi jika Pilgub digelar hari ini, maka pasangan BAILEO yang keluar sebagai pemenang,” terang Direktur Riset JSN, Dafit Zuhendra saat memaparkan hasil survey lembaganya di Ambon, Senin (14/5).

Zulhendra mengatakan, tingkat elektabilitas BAILEO kemungkinan dipengaruhi oleh dukungan partai.

“Karena BAILEO didukung oleh tuju partai politik,” katanya.

Survei tersebut menggunakan metode pengacakan bertingkat (multistage random sampling) dengan melibatkan 600 responden. Sementara tingkat estimasi error sampling sebesar 4,0 persen.

SURVEI TIDAK KREDIBEL

Sementara itu, hasil survei JSN direspon tim SANTUN dengan santai. Heirudin Tuarita, juru bicara SANTUN mengatakan memakai tim survei adalah hal biasa dalam politik. Semua orang melakukan itu untuk mengukur kekuatanya serta lasan-lawannya. Namun akan berbeda jika lembaga survei tersebut tidak kredibel.

“Publik di Maluku sudah cerdas membaca survei, baik hasil maupun lembaga yang melakukannya. Mana yang objektif dan mana yang abal-abal. Kita tau lembaga survei yang hanya muncul dadakan untuk menggiring opini,” ujar Tuarita.

Dikatakan, selama ini pasangan BAILEO menggunakan survei LSI yang cukup kredibel. Namun anehnya, belakangan menggunakan JSN yang minim rekam jejak.

“Alasan yang kita dapatkan, karena survei LSI masih menepatkan SANTUN lebih tinggi, bukan BAILEO,” tegas Tuarita.

Menurutnya, tim SANTUN masih optimis dengan hasil survei sebelumnya dimana pasangan SANTUN masih di atas 40 persen, berikutnya HEBAT sekitar 25persen dan terakhir pasangan BAILEO sekitar 13 persen. (Redaksi_KM01)

Comments

comments

Click to comment

NEWS UPDATE

BUAT HARI ANDA BERKUALITAS
QUICK CONTACT:
OFFICE :

Graha L9 Lantai 3, Jalan. Raya Kebayoran Lama Pal 7. No 17, Jakarta Selatan.

© 2016 KILASMALUKU.COM by FAJAR.co.id

To Top