Diserang Dengan Masalah Kemiskinan, Assagaff: Bupati juga Jangan Banyak Kejar Proyek Fisik – KILASMALUKU.com
POLITIK

Diserang Dengan Masalah Kemiskinan, Assagaff: Bupati juga Jangan Banyak Kejar Proyek Fisik

KILASMALUKU.com– Isu kemiskinan menjadi poin utama dalam debat calon Gubernur Maluku, Senin (7/5) malam. Said Assagaff, sebagai calon petahana diserang karena diangggap tak mampu membawa Maluku keluar dari status provinsi termiskin ke-3 nasional.

Menyikapi serangan tersebut, Said Assagaff dalam debat mengatakan, masalah kemiskinan adalah tanggungjawab bersama, bukan cuma gubernur, melainkan walikota dan bupati.

“Mereka (bupati/walikota) yang lebih paham masyarakat, tidak benar jika masalah kemiskinan hanya menyalahkan gubernur. Itu tanggungjawab bersama,” ujar Assagaff.

Asssagaff  sempat menyindir Barnabas Orno, calon wakil gubernur dari pasangan BAILEO. Menurutnya, salah satu penyumbang angka kemiskinan terbesar di Maluku adalah Maluku Barat Daya (MBD) yang kini dipimpin Orno. Sehingga, kata Assagaff, tanggung jawab tersebut harusnya dijawab dengan kinerja terukur.

“Ini yang perlu ditekankan, bupati juga jangan terlalu banyak kejar proyek fisik. Fokus ke peningkatan kesejahteraan masyakatnya,” terang Assagaff.

Isu yang sama juga disampaikan calon Wakil Gubernur dari pasangan HEBAT Abdullah Vanath. Menurutnya, jika Assagaff mengatakan bupati/walikota yang lebih bertanggungjawab kepada masyarakatnya, keselahan gubernur adalah tidak pernah melakukan pembinaan ke bupati dan walikota.

“Selama ini Gubernur tidak pernah melakukan pembinaan kepada bupati atau walikota, lalu dimana tanggungjawab gubernur,” tanya Vanath.

Assagaff langsung menaggapi pertanyataan tersebut dengan mengatakan, kepala daerah seperti tidak memiliki keinginan untuk menyelesaikan masalah masyarakatnya. Menurutnya, setiap kali ada program atau pembinaan dari Pemerintah Provinsi, kepala daerah tidak pernah kuti.

“Mereka hanya mengutus perwakilan saja. Jadi keinginan untuk menuntaskan masalah sosial seperti tidak ada,” jawab Assagaff.

Sementara itu, debat kandidat pertama berjalan cukup baik. Masing-masing pendukung pasangan calon terlihat antusias memberikan suportnya dengan yel-yel. Beberapa kali dukungan tersebut harus dotegus pembawa acara debat Zein Anwar dan Rina Pahlevi. (Redaksi_KM01)

Comments

comments

Click to comment

NEWS UPDATE

BUAT HARI ANDA BERKUALITAS
QUICK CONTACT:
OFFICE :

Graha L9 Lantai 3, Jalan. Raya Kebayoran Lama Pal 7. No 17, Jakarta Selatan.

© 2016 KILASMALUKU.COM by FAJAR.co.id

To Top