Gelar Wisata Pendidikan, Siswa SD Inpres 28 Nania Berkunjung Langsung ke Banda – KILASMALUKU.com
AMBOINA

Gelar Wisata Pendidikan, Siswa SD Inpres 28 Nania Berkunjung Langsung ke Banda

Para peserta wisata pendidikan SD INPRES 28 NANIA SAAT BERKUNJUNG DI BANDA

KILASMALUKU.com – Mengajak anak mengenal langsung bukti sejarah bisa jadi cara efektif dalam menanamkan nilai idukasi yang termuat dalam Ilmu Pendidikan Sosial (IPS). Seperti yang dilakukan 68 murid dari SD Inpres 28 Nania, Ambon. Mereka langsung mengunjungi jejak sejarah dari pendiri bangsa, Muhammat Hatta yang ada di Pulau Banda, Kabupaten Maluku Tengah.

Kunjungan yang menjadi program wisata pendidikan tersebut diikuti oleh 87 peserta, yang terdiri dari siswa kelas 4, kelas 5A dan kelas 5B sebanyak 65 siswa. Guru sebanyak 5 orang dan orang tua sebanyak 17 Orang Tua.

Kegiatan tersebut akan dilaksanakan selama empat hari, hingga tanggal 20 Maret 2018. Selain lokasi sejarah, para siswa juga akan mengunjungi sekolah yang ada di Pulau Banda.

Ketua Wisata Pendidikan SD Inpres 28 Nania, Rosni Salim mengatakan, untuk meningkatkan kemampuan mengingat anak yang didominasi otak kanan, kegiatan belajar harus dididukung dengan pendekatan yang bersifat aktual.

“Mereka harus melihat dan mengenal langsung bukti sejarah yang ada di Pulau Banda,” ungkap Rosina kepada KILASMALUKU.com, Selasa (17/4) di Banda.

Para siswa mengunjungi bekas kediaman Muhammad Hatta di Kota Naira

Dijelaskan, kegiatan tersebut berjalan dengan lancar. Rencananya tahun depan pihaknya ingin mengunjungi lagi Pulau Saparua untuk menyaksikan secara langsung sejarah yang ada di sana.

“Harapan saya bukan hanya sampai disini saja. Kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk mencerdaskan tunas bangsa serta memperkuat kecintaan terhadap bangsa Indonesia, dengan cara menyaksikan secara langsung peninggalan pahlawan saat memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia. Intinya mereka jangan hanya sekedar duduk manis mendengar saja,” ujar Rosina.

Dikatakan, sumber dana Wisata Pendidikan tersebut berasal dari Gubernur Maluku, Walikota Ambon, Dinas Pendidikan Kota Ambon, DPRD Provinsi Maluku, Dana Bos hingga sumbangan sukarela.

Iin Mail, salah satu orang tua siswa yang ikut berkunjung ke Banda mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya dengan kunjungan SD Inpres 28 Nania Ambon tersebut para siswa teredukasi serta bisa mengetahui tentang sejarah – Sejarah yang ada di Pulau banda.

“Harapanya Porgram ini bisa terus di laksanakan bukan hanya di Pulau Banda Saja,” terangnya.

Hal yang sama juga disampaikan Weli Ayal salah satu orang tua murid. Menurutnya kegiatan wisata pendidikan tersebut sangat cocok dengan sifat anak-anak yang ingin hiburan tapi tetap bernuansa edukasi. (Redaksi_KM01)

Tim Pelaksan Wisata Pendidikan di Banda Naira:

Penanggung Jawab
Jhona Hetaria /W,
Siti Djena Somena

Ketua
Rosni Salim

Skertaris
Novita Wattimena

Bendahara
Elisabet Lopupeten

Dokumentasi
Maani Mahu

 

Comments

comments

Click to comment

NEWS UPDATE

BUAT HARI ANDA BERKUALITAS
QUICK CONTACT:
OFFICE :

Graha L9 Lantai 3, Jalan. Raya Kebayoran Lama Pal 7. No 17, Jakarta Selatan.

© 2016 KILASMALUKU.COM by FAJAR.co.id

To Top