Survei Terbaru MSS: SANTUN Unggul Jauh dari HEBAT dan BAILEO – KILASMALUKU.com
POLITIK

Survei Terbaru MSS: SANTUN Unggul Jauh dari HEBAT dan BAILEO

Ilustrasi

KILASMALUKU.com- Calon Petahana, Said Assagaff dan wakilnya Andreas Rentanubun masih mendominasi dukungan publik dalam survei terbaru yang diumumkan Media Survei Strategi (MSS), Minggu (25/3). Dibawahnya ada calon Gubernur Maluku dari nomor urut-3, Herman Koedoboen-Abdullah Vanath  (HEBAT). Kemudian, Murad Ismail-Barnabas Orno (BAILEO) dari nomor urut 2.

Selisih dukungan publik dari pasangan SANTUN sebesar 41.50 persen, HEBAT 25.00 persen dan BAILEO hanya 13,40 persen. Sedangkan Swing Voters yang akan menjadi rebutan ketiga pasangan disisa 93 hari menuju hari H pilkada mencapai 20,10 persen.

Direktur MSS, Husain Marasabessy menjelaskan, keunggalan pasangan SANTUN berdasarkan pada tingkat popularitas dan kesukaan publik, sehingga pasangan ini masih dipercayai untuk terpilih kembali.

“Tingkat popularitas dan kesukaan SA (Said Assagaff) memenuhi syarat kemenangan yakni di atas 85 persen. Indikator dikenal dan disukai merupakan kunci seseorang menang dalam pilkada,” jelas Marasabessy melalui rilis yang dikirim ke KILASMALUKU.com, Minggu (25/3).

Dirincikan, tingkat popularitas Said Assagaff yang paling tinggi yaitu 91.40 persen, sementara tingkat kesukaan mencapai 85.10 persen. Dibawahnya ada nama Abdullah Vanath dengan presentase popularitas sebesar 76.40 persen dan tingkat kesukaan 65.40 peresn. Kemudian Herman A. Koedoeboen, popularitasnya 63.60 persen dan tingkat kesukaan 67.70 persen.

Adapun Murad Ismail memiliki tingkat popularitas terkecil kedua yaitu, 61,80 persen dan tingkat kesukaan 71,30 persen. Kemudian Barnabas Orno tingkat popularitasnya, 48,30 persen dan tingkat kesukaan 65,60 persen, sedangkan Anderias Rentanubun memiliki tingkat popularitas yang paling kecil, hanya 47,70 pesen dan tingkat kesukaan 65,70 persen.

Marasabessy menambahkan, dari survei tersebut juga terlihat tingkat kepuasan publik terhadap kinerja petahana Said Assagaff. Persentasenya 67,93 persen. Sementara yang menganggap petahana berhasil dalam tugasnya sebesar 69,30.

“Dalam rumus Pilkada jika kepuasan dan keberhasilan Incumbent di atas 50 persen maka Incumbent tersebut berpeluang besar untuk terpilih kembali,” jelasnya.

Penjambaran kepuasan atas kineja petahana, kata Marasabessy berasal dari aspek pembangunan infrastruktur, pendidikan, pelayanan kesehatan, keamanan, transportasi, telekomunikasi dan sebagainya.

“Kepuasan Masyarakat terhadap kinerja Pemerintah Provinsi dalam berbagai Aspek masih di atas 60 hingga 85 persen,”katanya.

Sementara itu, survei MSS dilakukan dengan menggunakan metode multi stgae random sumpling dengan margin of eror 4,8 persen.

Survei dilakukan sejak tanggal 5-15 Maret 2018. Adapun jumlah responden yang digunakan dalam survei tersebut berjumlah 448 respnoden yang tersebar di seluruh kabupaten kota di Maluku. (Redaksi_KM01)

Comments

comments

Click to comment

NEWS UPDATE

BUAT HARI ANDA BERKUALITAS
QUICK CONTACT:
OFFICE :

Graha L9 Lantai 3, Jalan. Raya Kebayoran Lama Pal 7. No 17, Jakarta Selatan.

© 2016 KILASMALUKU.COM by FAJAR.co.id

To Top