Satu-satunya di Indonesia, Naik Haji Lewat MTB Langsung Berangkat – KILASMALUKU.com
AMBOINA

Satu-satunya di Indonesia, Naik Haji Lewat MTB Langsung Berangkat

ilustrasi

KILASMALUKU.com- Pemerintah pusat telah mengumumkan waiting list atau daftar tunggu untuk calon Jamaah Haji yang ingin berangkat ke tanah suci. Dari seluruh kabupaten/Kota di Indonesia, Bantaeng, Provinsi Sulawesi Selatan tercatat yang paling lama. Daftar tunggu Bantaeng selama yaitu 36 tahun. Sementara yang terpendek adalah Maluku Tenggara Barat (MTB), zero list, atau tanpa daftar tunggu.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementrian Agama Provinsi Maluku, Faisal Musaad mengatakan, upaya menekan witing list haji di Maluku terus dilakukan. Jika sebelumnya, daftar tunggu bisa mencapai 25 tahun, sekarang hanya 5 sampai 7 tahun. Rata-ratanya 7 tahun.

“Hal ini berhubungan jumlah kouta haji Maluku yang baru ditambahkan. Sekarang waiting listnya tidak terlalu panjang, diupayakan hanya 7 tahun,” terang Faisal, Kamis (22/3).

Namun, tambahnya, satu-satunya daerah yang waiting listnya zero adalah Maluku Tenggara Barat (MTB). Disana, untuk memenuhi kuota lima orang saja kadang tidak terpenuhi.

“Karena itu, orang berbondong-bondong ke sana (MTB). Kuota hajinya sering tidak terpakai,” ujar Faisal.

Dikatakan, kuota haji di MTB sering diisi untuk menekan kelebihan waiting list dari beberapa kabupaten/kota di Maluku. Dengan begitu, daftar tunggu di daerah lain bisa sedikit dikurang.

Sementara itu, Faisal juga mengatakan, Kanwil Agama Maluku telah mempersiapkan asrama haji di Ambon untuk dijadikan embarkasi antara, sehingga calon jamaah haji asal Maluku tidak perlu lagi ke Makassar.

“Ini untuk memperpendek penderitaan jamah haji kita. Bayangkan, mereka yang dari daerah-daerah, harus berangkat ke Ambon  daan menginap di kerabat. Kemudian ke Makassar lagi dan menginap di kerabat. Kondisi itu yang menyebabkan kesehatan mereka menurun. Kita sudah upayakan agar Maluku menjadi embarkasi antara,” jelasnya. (Redaksi_KM01)

Comments

comments

Click to comment

NEWS UPDATE

BUAT HARI ANDA BERKUALITAS
QUICK CONTACT:
OFFICE :

Graha L9 Lantai 3, Jalan. Raya Kebayoran Lama Pal 7. No 17, Jakarta Selatan.

© 2016 KILASMALUKU.COM by FAJAR.co.id

To Top