Diduga Ingin Pertahankan Status Raja Negeri Urung, Ibrahim Wokas Bikin Rapat Tertutup – KILASMALUKU.com
DAERAH

Diduga Ingin Pertahankan Status Raja Negeri Urung, Ibrahim Wokas Bikin Rapat Tertutup

ilustrasi

KILASMALUKU.com- Warga Negeri Urung, Kecamatan Seram Timur, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) keberatan dengan manuver politik yang dilakukan Raja Negeri Urung, Ibrahim Muhammad Haris Wokas untuk mempertahankan posisinya.

Ibraham dilaporkan sejumlah warga Urung, karena dianggap sengaja menggelar pemilihan raja secara tertutup dengan hanya dua calon pada tanggal 3 februari 2018. Pemilihan tersebut juga cuma melibatkan lima mata rumah parenta sehingga dianggap tidak sesuai dengan aturan.

Salah satu calon Raja Urung Rifai mengungkapkan, hasil rapat itu ditolak oleh 30 orang garis keturunan raja. Selain itu, tokoh adat dan masyarakat juga tidak menerima rapat yang digelar secara tertutup teresbut.

“Karena itu, tokoh adat dan masyarakat menginginkan agar dilakukan lagi rapat rumah parenta secara terbuka sekaligus melihat figur yang diusulkan, apakah sesuai ketetapan perintah hasil putusan garis lurus serta silsila Raja Urung,” ujar Rifai, Minggu (25/2).

Menurutnya jika ada pelantikan secara kenegaraan, maka atas nama adat pihaknya akan menuntut ke Pengadilan Tata Usaha Negara dan akan dilakukan pengukuhan adat raja negeri kepada saudara yang ingin di usulkan dari mata rumah perintah dan tokoh adat.

“Desakan kami, segara dilakukan lagi rapat rumah parenta sesuai dengan aturan yang sah,” tegas Rifai.

Diungkapkan, rapat tertutup yang dilakukan Ibrahim Wokas tersebut sudah diseting yang nantinya akan kembali mengangkatnya sebagai raja, sehingga kandidat satunya lagi hanya formalitas.

Kejanggalan rapat itu juga ditemukan dari beberapa nama yang hadir. Nama-nama tersebut kata Rifai, bukan dari marga keturanann raja, melainkan mereka sengaja mencatut marga Wokas untuk memuluskan upaya mereka mengamnakan posisi Ibrahim Muhammad Haris Wokas.

“Apalagi ada nama Seketeraris Negeri Urung Moksen Day, padahal yang bersangkutan¬† tidak ikut dalam rapat itu, parahnya mereka berani membubuhkan tanda tangan palsu,” ungkapnya.

Rifai juga memberikan Daftar Nama kelurga Mata Rumah perintah yg menolak rapat sekaligus narasumber :

Berikut nama-namanya: 1.Moh. Taha Wokas. 2.Arifudin Wokas. SE. 3.Ahmad Naim Wokas. S. SPd. 4.Moh. Halal wokas. 5.Moh Ain Wokas. 6.Rifay Wokas. SE. 7.MOH. HARIS WOKAS, 8.MOH Saman Wokas. 9.Moh. Rasyidin Wokas. 10.Moh Khalifa Wokas. 11.Abdurahim Wokas. 12.Moh.Janudin Wokas. 13. moh. Nasir Wokas. 14.Fatahudin wokas. 15.Moh.Ramli Wokas. 16.Muh. Pati Yunus Wokas. 17.moh kadir Wokas. 18.Udin Wokas 19.Abdul Wokas 20.Ahmad Wokas. 21.Moh. Saleh Wokas. 22.Moh. Hanifa Wokas 23.moh Husain Wokas. 24.Moh. Rizki Wokas. 25.Abdul Mutalib Wokas. 26.Moh. Sani Wokas. 27.MUH. AMIR S.J.WOKAS 28.AHMAD AZKA MAULANA WOKAS (Redaksi_KM06)

Comments

comments

Click to comment

NEWS UPDATE

BUAT HARI ANDA BERKUALITAS
QUICK CONTACT:
OFFICE :

Graha L9 Lantai 3, Jalan. Raya Kebayoran Lama Pal 7. No 17, Jakarta Selatan.

© 2016 KILASMALUKU.COM by FAJAR.co.id

To Top