‘KO’ di Musdalub , Ayu Sebut Hanura Maluku Ada Dua Kubu – KILASMALUKU.com
POLITIK

‘KO’ di Musdalub , Ayu Sebut Hanura Maluku Ada Dua Kubu

KILASMALUKU.com- Mantan Ketua DPD Hanura Maluku, Ayu Hindun Hasanussi sepertinya tidak menyerah begitu saja. Meski dilengserkan lewat Musyawarah Daerah Luar Biasa (Musdaub), Rabu (24/1) lalu, Ayu merasa masih sebagai ketua DPD Hanura Maluku.

Pengakuan itu juga ditegaskannya, jika Hanura Maluku kini terbagi atas dua kubu, yaitu Kubu Oesman Sapta Odong (Odong) dan Kubu Daryatmo.

“Konflik di Hanura belum selesai, Hanura di Maluku terbagi atas dua kubu,” tegas Ayu Hundun Hasanussi, seperti dikutip dari Ambon Ekspres (Grup FAJAR), Selasa (30/1).

Dijelaskan Ayu, konflik Hanura tersulut karena OSO terlalu arogan dengan memecat sejumlah ketua DPD tanpa dasar. Selain sebelumnya, masalah surat keputusan ganda untuk pasangan calon kepala kabupaten Purwarkarta 2018.

Akhinya, kubu Daryatmo menggelar Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) di Hotel Ambhara, 18 Januari . “Munaslub telah dilaksanakan pada tanggal 18 Januari 2018 di Jakarta, di kantor DPP Hanura di Bambu APus, dihadiri oleh 27 DPD dan 401 DPC seluruh Indonesia yang punya hak suara, itu telah memutuskan memberhentikan pak OSO dari jabatannya,” jelas Ayu kepada Ambon Ekspres disela rapat perdana kepengurusan baru DPD Hanura Maluku di Sekretariat Hanura kubu Daryatmo, Selasa (30/1).

Meski begitu, lanjut Ayu, konflik belum selesai. Olehnya itu, Ketua Dewan Pembinan Hanura, Wiranto berupaya menyudahi dengan memanggil dua kubu, OSO dan Daryatmo untuk islah, dengan persyaratan OSO harus mengembalikan jabatan beberapa ketua DPD yang telah dipecat dan menjadikan Sudding tetap sebagai Sekjen.

Namun, OSO dinilai tidak patuhi keputusan islah. Justru ia memecat 27 ketua DPD Partai Hanura, Ayu Hasanussi salah satunya. Setelah itu, OSO mengeluarkan SK Nomor SKEP/DPP-HANURA/I/2018 tertanggal 28 Januari, tentang reposisi kepengurusan DPD Hanura Maluku dengan Yasin Payapo sebagai ketua.

Di sisi lain, DPP Partai Hanura kubu Daryatmo dan Sarifuddin Sudding telah mengeluarkan SK Nomor SKEP/009/DPP-HANURA/I/2018 tertanggal 26 Januari, tentang repososi dan revitalisasi susunan kepengurusan DPD Partai Hanura Maluku masa bakti 2015-2020, dengan komposisi Ayu Hasanussi sebagai ketua, Temy Oersepuny sekretaris dan Bendahara Ali Samanery.

Olehnya itu, menurut Ayu, ada dualisme kepengurusan di DPD Hanura seluruh Indonesia. “Makanya saya sampaikan, saya ini ketua DPD Hanura Maluku versi Daryatmo dan Sarifuddin Sudding dan sekarang sudah dua kubu seluruh Indonesia, termasuk Hanura Maluku dua kubu, yakni kubu Daryatmo dan Sarifuddin Sudding, dan kubu Oesman Sapta Odang dan Herry Lontung Siregar,” bebernya.

Ditanya soal verifikasi faktual oleh KPU Maluku ke kubu Yasin, Ayu mengaku, pihaknya tidak mempermasalahkan. Yang penting, Hanura bisa lolos sebagai peserta pemilu 2019.
Namun, DPP Hanura kubu mereka telah melakukan langkah hukum dengan menggugat SK Menkumham ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN). “Tapi, apapun yang terjadi, Hanura harus diam dulu. Nah, setelah lolos baru DPP mengambil langkah-langkah lain. (TAB/Ameks/Redaksi_KM01)

Comments

comments

Click to comment

NEWS UPDATE

BUAT HARI ANDA BERKUALITAS
QUICK CONTACT:
OFFICE :

Graha L9 Lantai 3, Jalan. Raya Kebayoran Lama Pal 7. No 17, Jakarta Selatan.

© 2016 KILASMALUKU.COM by FAJAR.co.id

To Top