Abrasi Ancam Pulau Geser, Sudah 60 Meter Garis Pantai yang Hilang – KILASMALUKU.com
DAERAH

Abrasi Ancam Pulau Geser, Sudah 60 Meter Garis Pantai yang Hilang

Pulau Geser, SBT, sumber Foto: Net

KILASMALUKU.com– Fakta mengejutkan diungkap Lembaga Ilmu Petahuan Indonesia (LIPI) Ambon terkait kondisi pulau Geser, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT). Keberadaan pulau ini terancam oleh pengikisan alami gelombang dan arus laut atau abrasi. Karena itu, setiap tahunnya pulau yang luasnya kurang lebih 2.000 KM ini selalu berkurang hingga 1 meter.

Humas LIPI Ambon Lipi Roderyck L. Dompeipen menjelaskan, abrasi yang terjadi di Pulau ini terbilang cukup parah. Daratan di Pulau Geser sudah mulai mengalami pengikisan sejak 60 tahun terakhir. Garis pantai hilang sudah 60 meter dan masih akan terus terjadi.

“Pulau ini memang sedang terancam. Pengikisan akibat air laut membuat luas daratannya terus berkurang,” ujar Roderyck, Selasa (30/1).

Dijelaskan, penyebab abrasi di Pulau Geser dikarenakan aktifitas masyarakat dan faktor alam. Kebiasan mengambil pasir dan terumbu karang untuk kebutuhan pembangunan dan lain-lain menjadi sebab, garis di pulau itu mengalami pengikisan.

“Aktifitas masyarakat yang terus mengambil pasar dan karang disana menjadi penyebab abrasi,” ungkap Roderck.

Sementara akibat proses alami, katanya, disebabkan oleh kondisi oceanografi Pulau Geser. Arus laut diperairan tersebut dikenal cukup kuat. Arus itu terus bergerak berputar searah jarum jam serta mengangkut pasir ke laut. Ini yang menyebabkan terjadinya pengikisan terhadap garis pantai.

“Saat pertemuan tim peneliti dengan warga setempat juga disampaikan, terumbu karang disana mulai berkurang karena digunakan masyarakat untuk bahan bangunan. Batas garas pantai juga dilaporkan terus berkuang. Tim juga melihat sedimen yang menjadi delta tidak jauh dari perairan Pulau Geser,”terang Roderyck. (Redaksi_KM01)

 

Comments

comments

Click to comment

NEWS UPDATE

BUAT HARI ANDA BERKUALITAS
QUICK CONTACT:
OFFICE :

Graha L9 Lantai 3, Jalan. Raya Kebayoran Lama Pal 7. No 17, Jakarta Selatan.

© 2016 KILASMALUKU.COM by FAJAR.co.id

To Top