Pak Gub, Tolong Cabut Izin PT BPS di Buru, Warga Curiga Ada Kecurangan – KILASMALUKU.com
DAERAH

Pak Gub, Tolong Cabut Izin PT BPS di Buru, Warga Curiga Ada Kecurangan

limbah dari tambang rakyat saat gunung botak beroperasi

KILASMALUKU.com- Operasional PT Buana Pratama Sejahtera (BPS) yang mengeruk sedimen mengandung merkuri di Kabupaten Buru terus dikritik. Warga menduga ada modus lain dibalik izin yang diberikan ke BPS.

Dalam aksi masa yang dilakukan Aliansi Pemuda Peduli Tambang Rakyat Kabupaten Buru di Simpang Lima, Kota Namlea, Rabu (24/1), demonstran meminta Gubernur Said Assagaff mencabut izin yang diberikan untuk BPS.

Alasannya, yang dilakukan perusahaan  itu bukan cuma mengangkat sedimen tercemar saja, melainkan diam-diam mengambil material yang mengandung emas.

“Jika permintaan ini diindahkan berarti ada konspirasi antara Gubernur, Kadis ESDM Maluku, Martha Nanlohi dan perusahaan BPS,” ujar demonstran yang dikoodinasi oleh Firman Masbait.

Selain itu, para demonstran juga meminta Pemkab Buru, Polres Pulau Buru, Kajari  Namlea dan pihak Imigrasi kelas 1 Ambon dan Kejaksan Tinggi Maluku untuk turun tangan menyikapi kondisi yang ada.

“Kami menduga PT BPS menggunakan tenaga kerja asing asal Tiongkok serta ada dugaan tindak kejahatan lainnya,” singgung orator.

Dalam tuntutannya, Aliansi Peduli Tambang Rakyat mendesak Pemda segera memanggil humas PT BPS Bambang Riyadi. Pihak perusahaan harus melakukan hearing dan membuka informasi kepublik soal legitimasi hukum tentang izin mengambil emas dan izin amdal serta dugaan penggunaan bahan kimia, bahan berbahaya dan beracun (B3).

‘’Kamin meminta kepada Gubernur Maluku untuk segera mencabut Izin Operasional Normalisasi  PT BPS dan harus angkat kaki dari Pulau Buru. Apabila dari poin 1 sampai dengan poin 5 tidak ditindak lanjuti, maka kami akan melakulan konsolidasi besar-besaran dan melibatkan seluruh pemangku kepentingan baik tokoh adat serta tokoh masyarakat Buru untuk bersama-sama memboikot aktifitas PT BPS secara paksa,’’ teriak pendemo. (DHE/Ameks/Redaksi_KM01)

Comments

comments

Click to comment

NEWS UPDATE

BUAT HARI ANDA BERKUALITAS
QUICK CONTACT:
OFFICE :

Graha L9 Lantai 3, Jalan. Raya Kebayoran Lama Pal 7. No 17, Jakarta Selatan.

© 2016 KILASMALUKU.COM by FAJAR.co.id

To Top