Bongkar Pabrik Air Raksa di SBB, Polisi Amankan Tiga Warga dan Dua Orang Pelajar – KILASMALUKU.com
DAERAH

Bongkar Pabrik Air Raksa di SBB, Polisi Amankan Tiga Warga dan Dua Orang Pelajar

Lima warga yang diamankan polres SBB yang diduga memproduksi batu air raksa

KILASMALUKU.com– Imbas peredaran batu cinnabar di Maluku turut memicu munculnya usaha pembuatan cairan merkuri atau air raksa. Seperti yang terjadi di Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB). Air raksa diproduksi secara ruamhan oleh lima warga di Dusun Talaga Ratu, Desa Kairatu, Kabupate SBB.

Selasa (23/1) dini hari, Polres SBB berhasil membekuk pabrik pembuatan merkuri yang digeluti lima orang tersebut. Mereka adalah sunari (58) Ahmad Ridwan (29), Setiawan (20) dan dua remaja yang masih berstatus pelajar.

Kabid Humas Polda Maluku, Mohamad Roem Ohoirat mengatakan masing-masing dari mereka punya tugas berbeda-beda.

“Sunari menyediakan rumah untuk dijadikan tempat penyulingan. Yang menyuling Ahmad Ridwan, sedangkan Almer Kiki Madewangsa, RH, keduanya pelajar, serta Setiawan, diduga membantu Ahmad Ridwan, dalam proses pembuatan mercuri,” kata Kabid Humas Polda Maluku, Mohammad Roem Ohoirat kepada wartawan, Selasa (23/1).

Dikatakan, kegiatan produksi atau penyulinga air raksa ini sudah dilakukan selama dua hari. Hasil produksi rencananya akan dijual.

“Jadi mereka memakai bahan baku batu cinambar yang didapatkan dari Desa Luhu, SBB. Sementara mereka masi ditahan untuk dimintai keterangan,” ujar Ohoirat.
(dtk/Redaksi_KM01)

Comments

comments

Click to comment

NEWS UPDATE

BUAT HARI ANDA BERKUALITAS
QUICK CONTACT:
OFFICE :

Graha L9 Lantai 3, Jalan. Raya Kebayoran Lama Pal 7. No 17, Jakarta Selatan.

© 2016 KILASMALUKU.COM by FAJAR.co.id

To Top