Bahas Kesejahteraan Maluku, PPM dan Imaku Hadirkan Ketua MPR dan Wamen ESDM di Rembuk Nasional – Kilas Maluku
FOKUS BERITA

Bahas Kesejahteraan Maluku, PPM dan Imaku Hadirkan Ketua MPR dan Wamen ESDM di Rembuk Nasional

KILASMALUKU.com – Kesenjangan sosial menjadi masalah tersendiri di Provinsi Maluku saat ini. Provinsi yang memiliki Sumber Daya Alam (SDA) berlimpah itu masih menjadi daerah termiskin keempat di Indonesia versi BPS.

Melihat kondisi ini, Pergerakan Pelajar Maluku (PPM) dan Ikatan Mahasiswa Maluku (Imaku) menggelar Rembuk dan Simposium Nasional, guna mengkaji masalah-masalah yang terjadi di Provinsi bertajuk 1000 pulau itu.

Ketua PPM, Rimbo Bugis mengatakan, kemiskinan Maluku saat ini terlihat begitu terstruktur. Pasalnya, kemiskinan ini sudah ada sejak jamannya Orde Baru hingga reformasi.

Hal itu terlihat dengan tidak adanya perhatian pemerintah Pusat kepada masyarakat Maluku. Padahal, kekayaan Provinsi Maluku terbilang melimpah dan sudah dinikmati oleh bangsa Indonesia sejak dahulu, namun, kemiskinan di Maluku masih menjadi sahabat setia.

“Dari hasil kajian kami, kekayaan Maluku sudah dinikmati oleh bangsa ini sejak jamannya Orde Baru hingga sekarang, tapi kami masih saja miskin. Ini bukan kesalahan masyarakat Maluku, tetapi kesalahan pemerintah pusat yang melihat kami dengan sebelah mata,” kata Rimbo dalam konfrensi pers di Universitas Kristen Indonesia (UKI), Selasa (7/11).

Saat ini, lanjut Rimbo, pemuda Maluku harus jelih melihat keberpihakan Pemerintah Pusat bagi Maluku dengan dikelolanya sumber gas abadi di Blok Masela.

“Rembuk dan Simposium ini menjadi momentum tepat untuk melihat keberpihakan Pempus kepada kami. Participating Interest¬†(PI) 10 persen harus diputuskan pada kegiatan ini, demi kesejahteraan masyarakat Maluku,” jelasnya.

Bersamaan dengan itu, Tokoh Pemuda Maluku Ibra Lussy menambahkan, kegiatan ini menjadi kajian tersendiri bagi pemuda, pemerintah daerah dan Pempus terkait pengelolaan SDA yang ada di Maluku.

“Kegiatan ini patut didukung oleh seluruh pihak. Dari hasil kegiatan ini, kita akan mengetahui cara pengelolaan SDA di Maluku itu arahnya kemana, serta bisa menjadi jawaban atas keresahan kita semua,” ucapnya.

Kegiatan ini juga bakal dihadiri oleh Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, yang sekaligus memaparkan empat pilar, serta Wakil Menteri ESDM Archandra Thahar sebagai pemateri, yang akan membahas soal keberpihakan pemerintah kepada masyarakat Maluku.

Comments

comments

Click to comment

NEWS UPDATE

BUAT HARI ANDA BERKUALITAS
QUICK CONTACT:
OFFICE :

Graha L9 Lantai 3, Jalan. Raya Kebayoran Lama Pal 7. No 17, Jakarta Selatan.

© 2016 KILASMALUKU.COM by FAJAR.co.id

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!