Prudes Prudesa, Diminati Warga Perbankan Terpikat – Kilas Maluku
DAERAH

Prudes Prudesa, Diminati Warga Perbankan Terpikat

Kilasmaluku.com-Pameran produk unggulan desa (Prudes) dan unggulan kawasan pedesaan (Prudesa), resmi ditutup, Kamis, (2/11) malam.

Setelah sepekan, dibuka Kementerian Desa Daerah Tertinggal dan Transmigrasi di kawasan Ina Marina Kota Masohi, sekaligus menyongsong hari lahirnya Kota Masohi ke-60 tanggal 3 Nopember 2017.

Beragam jenis produk unggulan yang ditampilkan dalam pameran itu dibanjiri warga dari berbagai kalangan di Kota Masohi dan sekitarnya, sekaligus membeli produk-produk tersebut.

Tak hanya warga, produk-produk unggulan hasil buah tangan pelaku usaha dan kelompok usaha itupun memikat dunia perbankan.

Kecamatan Leihitu, misalnya menampilkan produk Jus Pala, Selai Pala, Roti Kenari serta bunga hasil daur ulang sampah.

Berbeda dengan pelaku usaha kecamatan Teon Nila Serua, yang menampilkan produk teknologi tepat guna buah Kelapa Turunan. Buah kelapa tersebut diolah menjadi Sapu, Keset, minyak VCO, dan Arang.

Demikian pangan dari kelompok usaha transmigrasi kecamatan Seram Utara Kobi. Selain kelompok usaha dan pelaku usaha, sebanyak 23 organisasi pimpinan daerah ikut meriahkan pemaran.

Dinas Ketahanan Pangan dengan olahan beragam jenis penganan dari pangan lokal, serta dinas lainnya dengan produk yang tak kalah menarik.

Produk-produk lokal tersebut tidak saja memikat rombongan Kemendes PDT, tetapi juga dilirik pihak perbankan. Nampak, tiga bank BRI, BNI dan Bank Maluku terlibat dalam pameran itu.

Namun, prudes dan prudesa tersebut belum memiliki skala dan skema yang mamadai. Itu diakui Dirjen Kemendes PDT, Johuzua Max Yultuwu.

Ia mengatakan, pameran tersebut untuk mendorong kelompok usaha dan pelaku usaha di Maluku Tengah. Yultuwu mengaku, Malteng memiliki banyak potensi unggulan, yang dapat dikembangkan untuk kesejahteraan masyarakat.

Kemendes PDT sebutnya, akan bertanggung jawab mendorong produk unggulan. “Saya apresiasi pameran ini, Kemendes PDT punya tanggung jawab mendorong skala dan skemanya,” ujarnya usai mengunjungi stad pemeran.

Kemendes PDT lanjutnya sudah menjejaki kerjasama dengan pihak ketiga untuk mendorong produk unggulan di seluruh Indonesia, termasuk di Kabupaten Maluku Tengah.

Bupati Tuasikal Abua mengaku bangga dipercaya pemerintah menggelar pameran pembangunan prudesa dan prudesa. Hal ini berdampak positif meningkatkan girah ekonomi masyarakat menuju sejahtera.

“Kita bangkit dari ketertinggalan menuju kesejahteraan, saya apresiasi penuh atas kepercayaan Kementerian Dalam Negeri dan Kemendes,” katanya.(Km_f2s)

Comments

comments

Click to comment

NEWS UPDATE

BUAT HARI ANDA BERKUALITAS
QUICK CONTACT:
OFFICE :

Graha L9 Lantai 3, Jalan. Raya Kebayoran Lama Pal 7. No 17, Jakarta Selatan.

© 2016 KILASMALUKU.COM by FAJAR.co.id

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!