Susi Tanya Balik Usulan Dana Rp4 Trilun dari Pemrov Maluku: Itu Ke Saya atau ke Menteri Keuangan? – Kilas Maluku
AMBOINA

Susi Tanya Balik Usulan Dana Rp4 Trilun dari Pemrov Maluku: Itu Ke Saya atau ke Menteri Keuangan?

KILASMALUKU.com – Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) RI Susi Pudjiastuti menanyakan kembali pengusulan anggaran sebesar Rp 4 triliun dari

Dinas Kelautan Perikanan Provinsi Maluku itu ditujukan ke pihak mana.

Pasalnya, hingga saat ini belum ada usulan yang sampai ke meja menteri Susi. “Yang Rp1,4 triliun? Ke saya atau ke Mentri Keuangan? Belum sampai ke saya,” Kata Menteri Susi kepada wartawaan saat Kunker ke Provinsi Maluku dalam rangka Festival Rakyat Banda, Sabru (21/10) kemarin.

Mentri Susi sempat menyampaikan kepada Gubernur tentang penambahan Dana Alokasi Khusus dari KKP kepada Maluku. Bahkan dalam tahun 2018 mendatang, fokus pembangunan dari KKP di Maluku adalah di Saumlaki, Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Moa, Kabupaten Maluku Barat Daya.

Untuk meningkatkan potensi perikanan di Maluku, KKP menggelontorkan dana sebesar Rp300 miliar tahun ini. Jumlah tersebut, diungkapkan Susi, di luar bantuan kapal yang diberikan kepada nelayan.

Hanya saja, Susi tidak menjelaskan lebih detil kegunaan dana sebesar Rp300 miliar tersebut.

Dia hanya mengungkapkan bahwa industri pengalengan ikan tidak cocok dikembangkan di Maluku, karena akan sangat mengurangi harga dari ikan tersebut. Mengingat, potensi ikan yang dimiliki cukup baik, seperti tuna yang harganya tinggi jika diekspor masih segar.

Lebih lanjut, untuk memaksimalkan potensi perikanan di Maluku, Susi mengatakan siap membantu memindahkan nelayan yang biasa mencari ikan di wilayah Pantai Utara (Pantura) Pulau Jawa ke Maluku.

Hanya saja, Susi menegaskan ada aturan yang harus ditaati.

Di antaranya, adalah tidak lagi menggunakan kapal cantrang melainkan menggunakan kapal dengan spesifikasi jaring gillnet. Selain itu, tidak menggunakan kapal besar yang dalam sehari mampu menangkap ikan sebanyak 1.700 ton. (redaksi/km03)

Comments

comments

Click to comment

NEWS UPDATE

BUAT HARI ANDA BERKUALITAS
QUICK CONTACT:
OFFICE :

Graha L9 Lantai 3, Jalan. Raya Kebayoran Lama Pal 7. No 17, Jakarta Selatan.

© 2016 KILASMALUKU.COM by FAJAR.co.id

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!