Wapres JK Dipastikan Hadir, Wamen ESDM Sebut Simposium Nasional Pelajar Maluku Jadikan sebagai Forum Tabayun – Kilas Maluku
OLAHRAGA

Wapres JK Dipastikan Hadir, Wamen ESDM Sebut Simposium Nasional Pelajar Maluku Jadikan sebagai Forum Tabayun

KILASMALUKU.com – Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar menyambut baik kegiatan Rembuk dan Simposium Nasional Pelajar Maluku se-Indonesia, yang akan berlangsung di Jakarta pada, 27-29 Oktober 2017.

Kegiatan bertipekal seminar ini akan menghadirkan Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk membuka rembuk dan simposium nasional ini, serta membahas soal sumber daya alam Maluku yang belum diketahui arah kebijakannya kemana.

Ketua Pemuda Pelajar Maluku (PPM), Rimbo Bugis lewat rilisnya mengatakan, kegiatan berskala nasional ini bisa mendapat dukungan dari seluruh stakholder, baik di daerah maupun pusat. Pasalnya, kegiatan ini akan menghadirkan 500 peserta asal Maluku di seluruh Indonesia.

“Ini adalah suatu forum ilmiah bagi Pelajar, Pemuda dan Mahasiswa Maluku untuk mempertegas kepedualian PPM terhadap kepentingan orang Maluku ke depan,” kata Bugis.

Bersamaan dengan itu, Ketua Dewan Pakar PPM Ahmad Ibra Lussy menjelaskan, kegiatan ini menjadi forum resmi untuk membahasa soal arah kebijakan atas kekayaan alam Maluku yang selama ini tak diketahui oleh masyarakat Maluku itu sendiri.

“Kita punya sumber daya alam yang melimpah, tapi tidak tau dibawa kemana. Hasilnya, Maluku masuk dalam lima besar Provinsi termiskin di Indonesia. Forum ini menjadi tempat untuk mengetahui itu semua, apakah di makan bangsa asing, atau masuk ke kantong para pengumpul kekayaan pribadi,” jelas Lussy.

Lussy juga mengaku, hasil dialog dengan Wamen ESDM pada, Jumat (6/10) kemarin, Wamen sangat mengapresiasi kegiatan rembuk dan simposium nasional ini. Bahkan, beliau berharap agar kegiatan ini dijadikan sebagai forum tabayun, untuk menjelaskan informasi-informasi yang berkembang di masyarakat selama ini.

“Nah forum rembuk dan simposium ini dijadikan sebagai forum tabayun biar menjadi suatu pemahaman yang benar dan lengkap bagi seluruh pelajar, mahasiswa, Pemuda serta masyarakat Maluku agar kita tidak saling menyalahkan,” kata Lussy yang mengutip perkataan Arcandra Tahar.

Kordinator Dewan pengarah Kegiatan rembuk dan simposium nasional, Abubakar Solissa juga menambahkan, kegiatan ini sebagai rasa prihatin atas kondisi Maluku yang tak kunjung membaik. Padahal, sumber daya alam Maluku cukup berlimpah, tapi tidak dikelola secara baik dan bertanggung jawab.

“Gagasan soal rembuk dan simposium nasional ini bisa dijadikan momentum yang strategis untuk membangun Maluku. Dalam rembuk ini juga, kita akan konsen membicarakan soal peningkatan sumber daya manusia yang selama ini menjadi problem bersama di Maluku. Selain itu, distribusi pembangunan dan peningkatan kesejahteraan tetap menjadi prioritas isu yang akan kita diskusikan,” jelas Solissa.

Solissa juga meminta, usai dari kegiatan ini dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaatkan bagi masyarakat Maluku, terutama kemajuan dan mengetaskan kemiskinan di Provinsi bertajuk ‘Seribu Pulau’ itu. “Kegiatan ini harus sukses, sehingga dampaknya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat Maluku,” harapnya. (redaksi/03)

Comments

comments

Click to comment

NEWS UPDATE

BUAT HARI ANDA BERKUALITAS
QUICK CONTACT:
OFFICE :

Graha L9 Lantai 3, Jalan. Raya Kebayoran Lama Pal 7. No 17, Jakarta Selatan.

© 2016 KILASMALUKU.COM by FAJAR.co.id

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!