Air PDAM Masohi Berubah Kuning, Plt Sekda Turun Lokasi – KILASMALUKU.com
DAERAH

Air PDAM Masohi Berubah Kuning, Plt Sekda Turun Lokasi

Kilasmaluku.com-Air PDAM yang mengalir ke rumah-rumah pelanggan di Kota Masohi mengagetkan. Kondisi itu menjadi perhatian Plt sekretaris daerah (Sekda) Dr. Rakib Sahubawa.

Perubahan air menjadi kuning terus terjadi dan dialami pelanggan setiap tahun. Jika musim kemarau debit air menyusut, musim hujan air berubah kuning.

Kondisi tersebut belum bisa diatasi pihak PDAM terutama dalam pemenuhan hak masyatakat memperoleh air bersih.

Padahal, PDAM memiliki enam sumber air, yakni Haruru I, II dan II serta dibantu tiga Pompa Sumur Dalam di kawasan Dinas Pekerjaan Umum, Kali Durian dan Kali Udang.

Sumber Haruru I, II dan III menyuplai air ke resist power (Penyaring Air Bersih) sebelum dialiri ke pelanggan. Namun, penyaring air senilai Rp 7 milyar yang terletak di kawasan SMA Negeri 2 Masohi itu tidak berfungsi maksimal.

Kondisi tersebut memantik Plt sekretaris daerah (Sekda) Maluku Tengah, Dr. Rakib Sahubawa meninjau langsung beberapa sumber air PDAM, Rabu,(20/9).

“Salah satu masalah yg masih dihadapi di Kota Masohi adalah air bersih. Disaat musim kemarau terjadi kelangkaan air. Dan dimusim penghujan air keruh dan berwarna cokelat. ” tulis Sahubawa melalui akun facebooknya.

Penyebab kelangkaan air bersih dan perubahan warna masih ditelusiri. “Apa penyebabnya itulah yg kita telusuri hari ini bersama direktur PDAM Malteng di sumber mata air. Semoga kita bisa mencari jalan keluarnya,” ujarnya.

Itu mendapat respon beragama dari warganet, umumnya menghendaki agar direktur PDAM Syukur Daud diganti. Daud dinilai tidak mampu memecahkan kelangkaan air bersih di Kota Masohi.

Kondisi itu tidak bisa dibiarkan, PDAM harus melakukan inovasi sebagai salah satu daya dukung pembangunan Kota Masohi dan sejalan dengan visi pembangunan 2017-2022. (Km_F2S)

Comments

comments

Click to comment

NEWS UPDATE

BUAT HARI ANDA BERKUALITAS
QUICK CONTACT:
OFFICE :

Graha L9 Lantai 3, Jalan. Raya Kebayoran Lama Pal 7. No 17, Jakarta Selatan.

© 2016 KILASMALUKU.COM by FAJAR.co.id

To Top