Ini Tiga Nama Jamaah Haji Asal Maluku yang Meninggal di Tanah Suci – KILASMALUKU.com
AMBOINA

Ini Tiga Nama Jamaah Haji Asal Maluku yang Meninggal di Tanah Suci

ilustrasi

KILASMALUKU.com- Data jumlah jemaah haji yang meninggal di Arab Saudi sudah mencapai 73 orang. Dari jumlah itu kebanyakan yang meninggal karena sakit serta faktor umur.

Dari total 73 jamaah haji yang meninggal, jamaah asal Maluku sebanyak tiga orang. Mereka adalah Abas bin Abdul Rahim Wattiheluw, Abdul Rahman bin Kelsabar dan Jakaria Jawas Palla (53)

Dikutip dari kabar timur, jamaah atas nama Abdul Rahim Wattiheluw dan Rahman Laksabar tercatat meninggal di Madinah sementara Rahman Kalsabar meninggal di Makkah.

Dalam penjelasannya, Wattiheluw sempat di rawat tim medis. Namun, jamaah asal Kabupaten Maluku Tengah ini akhirnya wafat pada Selasa (22/8) di RSAS Madinah. Wattihelew yang berumur 77 tahun meninggal karena menderita gang­guan saluran pernafasan.

Semen­tara Abdul Rahman bin Kelsabar wafat 18 Agustus 2017 di RSAS Madinah.

Jamaah berusia 68 tahun asal Kabupaten Seram Bagian Timur itu wafat karena gangguan saluran pernafasan. Jakaria Jawas Palla (53), jamaah asal Kabupaten Buru yang juga tergabung dalam kloter 14 meninggal dunia di dalam bus saat perjalanan pulang dari Masjidil Haram, Makkah pada 18 Agustus 2017. Sebelum dimakamkan, jena­sah dibawa ke pemondokan 620, sektor 6.

“Mereka meninggal karena sakit dan telah dimakamkan di Madinah serta Makkah. Ada yang terserang penyakit darah tinggi. Semoga amal ibadah mereka diterima Allah SWT,” kata Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Malu­ku Fesal Musaad kemarin.

Dikatakan, sebanyak 1.076 jemaah haji Maluku yang tergabung dalam klo­ter 13, 14 dan 15 telah lebih sepe­kan berada di Makkah. Mereka tersebar di sejumlah pemondokan. Jarak pemondokan atau penginapan jamaah asal Maluku, sekitar 1-2 kilometer dari Masjidil Haram, Makkah. “Ada yang 1 kilometer dan ada juga yang jaraknya 2 kilo­meter dari Masjidil Haram,” ujar Fesal.

Kloter 13 yang terdiri dari 448 jemaah haji asal Kota Ambon dan Kabupaten Seram Bagian Barat me­nempati dua pemondokan, masing-masing nomor 103 (Al Gha­zali Abarakah Hotel) dan nomor 104 atau Zomoredat Al Aseel Hotel yang berada kawasan Mah­bas Jin, Makkah. Letaknya yang dekat de­ngan Masjidil Haram  seki­tar 2 Km, menjadikan Mahbas Jin menjadi pemondokan favorit jamaah haji. (CR1/katim/redaksi_01)

Comments

comments

Click to comment

NEWS UPDATE

BUAT HARI ANDA BERKUALITAS
QUICK CONTACT:
OFFICE :

Graha L9 Lantai 3, Jalan. Raya Kebayoran Lama Pal 7. No 17, Jakarta Selatan.

© 2016 KILASMALUKU.COM by FAJAR.co.id

To Top