Hadehh.. Rangking Unpati Masih Dibawah 150 Kampus Terbaik Versi KemenristekDikti, Kalah Jauh dari Untad dan Unhalu Kendari – Kilas Maluku
AMBOINA

Hadehh.. Rangking Unpati Masih Dibawah 150 Kampus Terbaik Versi KemenristekDikti, Kalah Jauh dari Untad dan Unhalu Kendari

KILASMALUKU.com- Kemenristekdikti kembali merilis peringkat terbaru 100 universitas terbaik di Indonesia, per Agustus 2017. Dari data itu, Universitas Pattimura tidak masuk dalam list 100 Universitas tersebut.

Berbeda dengan Kampus Negeri lain seperti Tadulako (Untad) di Sulawesi Tengah, Unpatti malah tertinggal jauh, dari Rangking 38. Padahal, kampus ini hampir senasib dengan Unpatti, yaitu sama-sama kena imbas konflik.

Kampus lain yang juga mengalahkan Unpatti adalah Uni­versitas Halu Oleo (Unhalu) Kendari, Sulawesi Tenggara. Universitas yang baru berdiri tahun 1981 itu sekarang berada di peringkat 37, jauh diatas Unpatti yang berada diperingkat 152. Padahal dari lama berdirinya, Upatti sudah ada sejak tahun 1962.

Menurut Kementerian Ri­­set, Teknologi, dan Pen­di­dikan, pengelompokan 100 Perguruan Tinggi berdasarkan standar pemenuhan empat komponen utama klas­te­ri­sasi, yakni kualitas sumber daya manu­sia, ke­lembagaan, kualitas kegiatan ke­ma­ha­sis­waan, dan kualitas penelitian serta publikasi ilmiah.

“Daftar klasterisasi perguruan tinggi ini merupakan data resmi dari Ke­men­ristekdikti yang dapat digunakan sebagai informasi valid bagi masya­rakat, jangan percaya data hoax yang tidak sesuai dengan daftar yang dikeluarkan Kementerian,” ujar Menristekdikti Mohamad Nasir diku­tip dari laman resmi ristekdikti.go.id, Selasa, 22 Agustus 2017.

Pengelompokan ini ditujukan untuk meningkatkan mutu pergu­ruan tinggi. Sekaligus juga sebagai mo­tivasi bagi penyelenggara per­gu­­ruan tinggi di Indonesia untuk mem­­berikan pelayanan yang terbaik.

Terkait dengan posisi Unpati saat ini, Rektor Prof Dr M. J Sapteno SH M.Hum mangaku, meski tidak masuk dalam rangking  100 Universitas, namun posisi Unpati naik dari urutan 282 sekarabg 152.

“Dari (urutan) 282 (Unpatti) sudah naik menjadi 152,” sebut Sapteno seperti dikutip dari Kabar Timur, Rabu (23/8)

Dia mengakui masih banyak ke­le­mahan sehingga Unpatti hanya berada di urutan 152.

“Belum bisa pak (masuk 100 perguruan tinggi terbaik), karena banyak hal yang perlu dibenahi, mudah-mudahan tahun depan lebih baik lagi,” ujarnya.

Rektor juga sempat menyinggung soal posisi Untad yang sama-sama kena imbas konflik. Namun dia tidak ingin terlalu menyalahkan kon­­­flik sosial yang terjadi be­la­­san tahun silam

“Kita butuh banyak pembenahan karena semua infrastruktur sejak konflik lalu hancur dan butuh alat-alat lab dan lain-lain, dan juga butuh waktu (membenahi Unpatti),” kilah Sapteno.

Persoalan lain yang dihadapi Unpatti, ujar Sapteno, data kema­ha­siswaan sejak beberapa tahun lalu hingga kini tidak lengkap. Aki­­batnya, mahasiswa yang te­lah diwisuda dan menyandang sta­­tus sarjana masih tercatat seba­gai mahasiswa aktif di Kemen­ristek­dikti. “Data ini sementara dibenahi terus,” ujarnya via SMS.

Sementara terkait publikasi il­miah, Sapteno mengatakan, pi­hak­nya sementara memfokuskan agar akademisi Unpatti memasukan publikasi ilmiah tidak memasukan nama pribadi melainkan institusi. “Banyak (publikasi ilmiah) yang di­muat, bahkan di tingkat interna­sio­nal, tapi dimasukan atas nama pri­badi sehingga tidak tercatat sebagai bagian dari institusi (Unpatti),” ujarnya.

Berbeda dengan tahun-tahun sebe­lumnya, minimnya anggaran Pe­merintah Pusat yang dikucurkan me­lalui APBN selama dua tahun ter­akhir di masa kepemimpinan Sap­teno ikut menghambat kesiapan in­frastruktur Unpatti. Tapi hal itu di­maklumi Sapteno.

“(Pengurangan ang­garan dari Pemerintah Pusat mela­lui Kemenristekdikti) bu­kan hanya Unpatti saja tapi se­mua perguruan tinggi karena de­vi­sit anggaran pemerintah sehing­ga anggaran di kementerian diku­rangi,” kata Sapteno. (KT/VIV/redaksi_KM01)

BERIKUT 10 PERGURUAN TINGGI TERBAIK DARI 100 PERGURUAN TINGGI SE-INDONESIA

1.Universitas Gadjah Mada
2.Institut Teknologi Bandung
3.Institut Pertanian Bogor
4.Universitas Indonesia
5.Institut Teknologi Sepuluh Nopember
6.Universitas Diponegoro
7.Universitas Airlangga
8.Universitas Brawijaya
9.Universitas Hasanuddin
10.Universitas Negeri Yogya­karta

 

Comments

comments

Click to comment

NEWS UPDATE

BUAT HARI ANDA BERKUALITAS
QUICK CONTACT:
OFFICE :

Graha L9 Lantai 3, Jalan. Raya Kebayoran Lama Pal 7. No 17, Jakarta Selatan.

© 2016 KILASMALUKU.COM by FAJAR.co.id

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!