Pak Gubernur Maluku Dengar Nih, Warga Tagih Janji Bapak Soal Normalisasi Sungai Wae Ela – KILASMALUKU.com
FOKUS BERITA

Pak Gubernur Maluku Dengar Nih, Warga Tagih Janji Bapak Soal Normalisasi Sungai Wae Ela

KILASMALUKU.com – Sungai Wae Ela hingga kini masih menjadi momok menakutkan bagi masyarakat Negeri Negeri Lima Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah (Malteng).

Betapa tidak, ketika hujan dengan intensitas tinggi mengguyur wilayah itu, dampaknya masih dirasakan warga setempat. Air akan meluap hingga merendam sebagian rumah warga.

Warga Negeri Negeri Lima, Yusrain Uluputty mengatakan untuk menyikapi persoalan tersebut, mestinya pelaksanaan normalisasi sungai Wae Ela sudah harus dilakukan. Hal itu bertujuan agar warga tidak lagi kerepotan saat hujan tiba.

“Ya harus normalisasi sungai Wae Ela cepat dilakukan agar bisa menjawab persoalan yang selalu terjadi di Negeri Lima saat musim hujan. Kalau tidak kan pasti warga susah. Warga sudah trauma dengan kejadian 2013 lalu,”katanya kepada Kilas Maluku di Ambon, Senin (31/7).

Sungai Wae Ela kembali meluap, satu unit rumah warga hancur diterjang banjir.. (Foto diambil dari facebok @Sahlan Sahir)

Menurutnya, Pemerintah Daerah lewat Bawasda Maluku telah mengkaji dan melakukan perencanaan normalisasi sungai Wae Ela. Bawasda Maluku kemudian menjanjikan untuk secepatnya normalisasi sungai bisa dilakukan. Hanya saja, janji tersebut hingga kini belum terlihat aplikasinya.

“Lewat kajian Bawasda Maluku bahwa akan membuat normalisasi Wae Ela. Tapi itu hanya janji dan aplikasinya belum,”terangnya.

Dia mengungkapkan, peristiwa 10 juli 2017 dimana luapan sungai Wae Ela kembali merendam puluhan rumah warga Negeri Lima harus bisa dicermati Pemda Maluku.
Artinya, peristiwa tersebut menandakan sebagai teguran agar Pemda bisa secepatnya melakukan normalisasi sungai Wae Ela.

Dia berharap di 2018 mendatang, persoalan banjir di Negeri Lima sudah bisa teratasi. Kuncinya, Gubernur Maluku, Said Assagaff menepati janjinya dengan melakukan normalisasi sungai Wae Ela. (redaksi/km03)

Comments

comments

NEWS UPDATE

BUAT HARI ANDA BERKUALITAS
QUICK CONTACT:
OFFICE :

Graha L9 Lantai 3, Jalan. Raya Kebayoran Lama Pal 7. No 17, Jakarta Selatan.

© 2016 KILASMALUKU.COM by FAJAR.co.id

To Top