Maluku masih Provinsi Termiskin, Mercy Barends: Negara Memang Sengaja – KILASMALUKU.com
AMBOINA

Maluku masih Provinsi Termiskin, Mercy Barends: Negara Memang Sengaja

KILASMALUKU.com – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Mercy Cristhy Barends menilai posisi Provinsi Maluku sebagai salah satu Provinsi termiskin peringkat empat di nusantara disebabkan adanya ketidakadilan dari kebijakan negara.

“Maluku berada di posisi empat provinsi termiskin di Indonesia karena Negara memang sengaja memiskinkan Maluku. Atau dengan kata lain Maluku dimiskinkan secara terstruktur,” kata Barend saat digelarnya sosialisasi empat pilar Berbangsa dan Bernegara dengan masyarakat Negeri Nusasiwe, Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon, Senin (24/7).

Dia mengatakan, kebijakan pemerintah pusat terkait pembagian anggaran bagi tiap daerah melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Alokasi Khusus (DAU) mengacu pada luas wilayah daratan dan jumlah penduduk.
Sementara Maluku sendiri adalah wilayah kepulauan yang jika kue pembangunan itu dikuncurkan maka Maluku akan tetap berada pada porsi yang kecil.

“Kalau mengacu pada luas daratan ya tetap saja kue pembangunan di Maluku tetap kecil. Kan, kita tahu Maluku adalah wilayah kepulauan,”katanya.
Untuk keluar dari persoalan tersebut, anggota komisi VII DPR RI itu menyatakan DPR akan tetap mendorong RUU provinsi kepulauan.

“Sekarang ini DPR RI lagi giat mendorong RUU Provinsi Kepulauan. Dan bagi saya kepentingan itu harus berada pada Indonesia Bagian Timur sehingga provinsi kepulauan bisa mendapatkan perhatian yang sama dengan provinsi lain dari Pempus,”ujarnya. (redaksi/km03)

Comments

comments

NEWS UPDATE

BUAT HARI ANDA BERKUALITAS
QUICK CONTACT:
OFFICE :

Graha L9 Lantai 3, Jalan. Raya Kebayoran Lama Pal 7. No 17, Jakarta Selatan.

© 2016 KILASMALUKU.COM by FAJAR.co.id

To Top