Nih, Delapan Program Utama Pemprov Maluku.. Tiganya Menjadi Unggulan, Sudah Terealisasi Kah?? – KILASMALUKU.com
FOKUS BERITA

Nih, Delapan Program Utama Pemprov Maluku.. Tiganya Menjadi Unggulan, Sudah Terealisasi Kah??

KILASMALUKU.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku mengakui ada delapan program utama untuk membawa Provinsi bertajuk ‘Seribu Pulau’ ini lebih baik ke depan.

Menurut Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Maluku Anthon Sihaloho, delapan program kerja tersebut dijadikan prioritas utama Pemprov dalam membangun Maluku, yakni pendidikan, kesehatan, pembangunan infrastruktur, percepatan penanggulangan kemiskinan dan pengangguran, iklim investasi, ketahanan pangan, penataan ruang pembangunan daerah tertinggal dan peningkatan reformasi birokrasi.

Dijelaskan, dari delapan program, tiga diantaranya menjadi sektor unggulan pemda Maluku, yakni pendidikan, kesehatan, dan parawisata.

Untuk parawisata, ada 15 potensi pariwisata yang tersebar di beberapa daerah, yaitu Banda, Natsepa, Liang, Namalatu, Santai Beach di kota Ambon, Pasir Panjang dan Pulau Bair di Kabupaten Maluku Tenggara, Gunung Kebau di Kabupaten Maluku Barat Daya, Air Babunyi di Kabupaten Buru Selatan, Seram Bagian Timur, Maluku Tenggara Barat, Maluku Barat Daya dan Seram Bagian Barat serta Buru.

“Dari 15 potensi pariwisata, salah satunya Banda sementara diproses menjadi destinasi nasional,” tuturnya.

Menurutnya, sektor pariwisata juga berperan dalam meningkatkan pertumbuban ekonomi dan menurunnya tingkat pengangguran dan kemiskinan. Untuk tingkat pertumbuhan ekonomi, jelasnya di tahun ini mengalami peningkatan dari 5,76 persen, di tahun 2016 menjadi 6,19 persen. Sedangkan tingkat penganguran menurun dari 9,93 persen menjadi 7.05 persen. Begitu juga dengan tingkat kemiskinan dari 19,26 persen di tahun 2016 turun menjadi 18,45 persen di Maret 2017, serta indeks pembangunan mengalami peningkatan dari 67,5 persen menjadi 67,6 persen.

“Kami akan terus mengupayakan agar tingkat kemiskinan dan pengangguran secara perlahan-lahan bisa menurun dan indeks pembangunan, pertumbuhan ekonomi terus meningkat demi kemajuan Maluku yang lebih kedepan,” pungkasnya. (redaksi/km02)

Comments

comments

NEWS UPDATE

BUAT HARI ANDA BERKUALITAS
QUICK CONTACT:
OFFICE :

Graha L9 Lantai 3, Jalan. Raya Kebayoran Lama Pal 7. No 17, Jakarta Selatan.

© 2016 KILASMALUKU.COM by FAJAR.co.id

To Top