Meski Ada Zat Mercuri, Assagaf Tetap Cabut SK Pembekuan PT GBU.. Ini Alasannya – Kilas Maluku
FOKUS BERITA

Meski Ada Zat Mercuri, Assagaf Tetap Cabut SK Pembekuan PT GBU.. Ini Alasannya

KILASMALUKU.com – PT Gemala Borneo Utama (GBU) patut bersyukur, setelah Gubernur Maluku Said Assagaf kembali mencabut surat keputusan (SK) pembekuan perusahan tambang itu pada awal 2017 dengan nomor 70 tahun 2017.

Pencabutan kembali SK tersebut berdasarkan hasil uji laboratorium yang dilakukan Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) pada Institut Teknologi Bandung (ITB) serta Universitas Pattimura (Unpatti) yang dilakukan pada ILS yang mana tidak ditemukan adanya pencemaran lingkungan dan pemakaian mercuri secara besar-besaran.

“Selaku pemerintah saya berpegang pada hasil laboratorium, baik itu dari KLH maupun Unpatti,” ujar Assagaff usai mengikuti pertemuan bersama PT GBU dan koalisi Save Romang yang berlangsung di lantai enam, Kantor Gubernur Maluku, Senin (17/7).

Turut hadir dalam pertemuan tersebut, Pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo, Kapolda Maluku yang diwakil Direskrim Anthon Sasono, Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Martha Nanlohy, perwakilan KLH Vivi, Unpatti yang diwakili Nety Siahaya dan Ketua Tim Unpatti Agus Kastanya, serta SKPD lingkup Pemrov Maluku.

Menurut Assagaff, dari hasil laboratorium memang ada ditemukannya zat mercuri namun tidak melampaui ambang batas dan hal tersebut wajar. Berdasarkan hal tersebut, kemudian orang nomor satu di Maluku ini memutuskan untuk mencabut SK pemberhentian sementara PT GBU.

“Di tubuh kita juga ada mercuri. Begitu juga di lampu yang sehari-hari kita gunakan. Tetapi jika pemakaiannya belum sampai diluar ambang batas maka hal itu wajar,” ucapnya.

Dirinya menambahkan, potensi alam yang dimiliki Romang adalah sesuatu yang luar biasa. Oleh karena itu, harusnya dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. (redaksi/km02)

Comments

comments

NEWS UPDATE

BUAT HARI ANDA BERKUALITAS
QUICK CONTACT:
OFFICE :

Graha L9 Lantai 3, Jalan. Raya Kebayoran Lama Pal 7. No 17, Jakarta Selatan.

© 2016 KILASMALUKU.COM by FAJAR.co.id

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!