PDIP Maluku Kembanjiran Balon Gubernur dan Wagub.. Empat Gugur, Sembilan Lolos – KILASMALUKU.com
POLITIK

PDIP Maluku Kembanjiran Balon Gubernur dan Wagub.. Empat Gugur, Sembilan Lolos

KILASMALUKU.com – Empat Bakal Calon (balon) Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku resmi dinyatakan mundur dari pencalonan pada Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Empat balon tersebut diantaranya Enggelina Pattiasina, Sami Latbual, Lukas Uwratu dan Jhony Ruhulesin.

Keempat balon ini dinyatakan gugur dalam pencalonan lantaran hingga pukul 24.00 Wit, Sabtu 27 Mei kemarin tidak mengembalikan berkas pendaftaran dan melengkapi administrasi lainnya. Padahal sebelumnya, tim dari keempat balon ini optimis bakal mengembalikan berkas dan maju secara sungguh di Pilgub tahun depan.

Disamping itu, di hari terakhir penutupan pendaftaran, sejumlah balon mengembalikan berkas dan menyatakan kesiapannya untuk bertarung melawan petahana. Mereka diantaranya Bitzael Silvester Temmar, M Z Sangadji, Andreas Rentanubun, Johozua Max Yoltuwu, Mozes Rudy Timisela, Murad Ismail, Lucky Wattimury, Everd Kermite dan ditutup oleh Ketua DPD PDIP Maluku Edwin Adrian Huwae.

Melki Zedek Sangadji yang diketahui tiba di Sekretariat DPD PDIP pukul 11.00 Wit itu mengakui, tekad pendaftaran dirinya sebagai bakal calon Gubernur Maluku itu hanya ingin mensejahterakan masyarakat Maluku.

“Saya mendaftarkan diri sebagai bakal calon Wakil Gubernur karena saya merasa terpanggil untuk mensejahterakan masyarakat Maluku,” ungkapnya.

Disinggung soal calon wakil, Mantan Kepala Bapedda Maluku ini menyerahkan sepenuhnya kepada partai. Kendati demikian, Sangadji tetap optimis dapat meraih rekomendasi PDIP.

Disamping itu, Bitzael Silvester Temmar (BST) yang mendaftar pukul 12.43 Wit itu mengungkapkan alasan pencalonannya di PDIP. Menurutnya, alasan pendaftaran dirinya sebagai balon Gubernur Maluku lantaran ingin memajukan Maluku dari segala aspek. Bahkan, ingin mempererat tali silahturahmi antar sesama sehingga tidak lekang dan tidak gampang dipisahkan oleh apapun.

Soal wakil, BST rupanya sudah menyiapkannya. Dia mengungkapkan salah satu aktivis muda asal Maluku telah menyatakan siap mendampingi BST di Pilgub nanti. Ketika dikonfirmasi nama aktivis tersebut, Temmar justru enggan menyebutkan namanya.

“Yang jelas, kita sama-sama anak Maluku yang terpanggil membangun negeri ini,” pungkasnya.

Disamping itu, balon wakil gubernur, Andreas Rentanubun hadir seorang diri pada pendaftaran tersebut. Balon Wakil Gubernur yang digadang-gadang akan berpasangan dengan Petahana Gubernur Maluku ini menepis isu yang beredar di masyarakat jika sang petahana memilih politisi PDIP ketimbang dirinya.

“Sejauh ini kita masih tetap bersama-sama, dan pendaftaran saya hari ini sebagai bukti bahwa kita komitmen berpasangan dan membangun Maluku lebih baik lagi,” tandasnya.

Selain itu, balon wakil Gubernur Maluku Mozes Rudy Timisela didampingi sang Istri dan masa pendukung pun turut mengembalikan berkas pendaftaran di PDIP. Politisi Golkar Papua Barat ini merasa terpanggil membangun Maluku.

“Saya merasa terpanggil untuk membangun Maluku lebih baik, dan sudah saatnya posisi anak muda harus bergaining dalam roda kepemimpinan di Maluku,” ujar Anggota DPRD Papua Barat yang didampingi oleh puluhan pengurus DPD Golkar Maluku.

Sementara itu, Johozua Max Yoltuwu dengan membawa pasukan pendukungnya tiba di PDIP sekitar pukul 16.45 Wit. Dalam keterangan persnya, Yoltuwu yang mencalonkan diri sebagai calon Gubernur Maluku ini mengaku dengan kondisi wilayah saat ini. Dimana masih ada ketertinggalan di desa-desa yang jauh di perbatasan. Padahal kata Yoltuwu banyak bantuan pemerintah yang seharusnya dipakai untuk pemberdayaan desa.

“Kita harus mendukung program Presiden kita yakni membangun dari pinggiran sebagai nawacita yang terpenting di negara ini, sehingga pembangunan di desa tidak kalah dengan daerah perkotaan,” jelasnya.

Selain itu, Murad Ismail yang mendaftarkan diri sebagai balon Gubernur Maluku ini mengungkapkan Maluku membutuhkan pemimpin yang bisa membawa perubahan bahkan mensejahterakan masyarakatnya.

Murad yang didampingi Mantan Wawali Kota Ambon Sam Latuconsina, DPC Gerindra Kota Ambon, Ketua DPC PPP Kota Ambon dan Ketua DPC PPP Buru itu menegaskan siap melawan petahana di Pilkada Gubernur Maluku. (redaksi/km02)

Comments

comments

NEWS UPDATE

BUAT HARI ANDA BERKUALITAS
QUICK CONTACT:
OFFICE :

Graha L9 Lantai 3, Jalan. Raya Kebayoran Lama Pal 7. No 17, Jakarta Selatan.

© 2016 KILASMALUKU.COM by FAJAR.co.id

To Top