Menteri Khofifah dan Yohana Kunjungi Maluku, Ini Agenda yang Dilakukan – Kilas Maluku
AMBOINA

Menteri Khofifah dan Yohana Kunjungi Maluku, Ini Agenda yang Dilakukan

PULANG : Menteri Sosial Khofifah Indar Parawangsa saat bersilaturahmi dengan para pengungsi Batu Koneng di Mako Lantamal IX Ambon, Kamis (26/5). Para pengungsi ini selanjutnya dikembalikan ke rumahnya masing-masing.- FOTO: AMEKS

KILASMALUKU.com- pekan ini, dua menteri  Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo mendatangi Kota Ambon. Keduanya yakni Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Yohana Yembise. Keduanya datang dengan tujuan berbeda.

Menteri Khofifah datang untuk memberikan bantuan dan melepas warga Batu Koneng yang mengungsi di Mako Lantamal IX Ambon untuk kembali ke rumahnya. Sementara Menteri Yohana Yembise melakukan kampanye Bersama Lindungi Anak (BERLIAN) dan launching Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA).

Menteri Khofifah Indra Parawangsa melepas sebanyak 140 pengungsi yang berada di Marshailling Area Mako Lantamal IX Ambon untuk pulang kerumah masing – masing di Dusun Batu Koneng, Desa Poka, Kecamatan Teluk Ambon. Selain itu, Khofifah juga memberikan bantuan kepada ratusan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan Program Keluarga Harapan (PKH) yang ada di Kecamatan Sirimau, Kota Ambon. ‘’Selain menyerahkan bantuan 300 KPM dari kecamatan di Kota Ambon dan PKH, juga bertemu dengan para pengungsi ini dalam membangun persaudaraan hari demi hari. Dari persaudaraan lebih baik. Pokoknya kalau sudah waktunya masuk sekolah, maka masuk sekolah dan tidak terlambat. Kemudian sudah mau masuk Ramadhan. Mari kita saling berdamai,” kata Khofifah, Kamis (25/5).

Dikatakan, sejak tiba dibandara, dirinya sudah berkomunikasi dengan Wakil Gubernur Maluku Zeth Sahubura maupun Walikota Ambon Richard Louhenapessy untuk segera menyikapi persoalan pengunsi, agar masyarakat tidak perlu berlama-lama ditenda pengungsian. “Sudah 19 hari disini dan segera kembali ke rumah mereka masing-masing,” tuturnya.

Saat melepas para pengungsi, dirinya berharap seluruh pengungsi dalam keadaan sehat dan tetap semangat. Selain itu, setelah tiba ke rumah masing–masing diharapkan untuk tetap memelihara dan membangun tali persaudaraan serta kebersamaan karena hal ini dambaan semua orang. “Kedatangan saya untuk menjalin silaturahmi dengan bapak, ibu dan anak – anak yang hari ini siap untuk kembali ke rumah masing – masing. Semoga setelah pulang hari ini, bapak, ibu dan anak – anak merasa aman, tenang dihati dan pikiran,’’ ucap dia.

Khofifah juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Danlantamal IX Ambon yang telah mau menerima dan memberi batuan serta memfasilitasi para pengungsi hingga mengantar mereka sampai kerumah masing–masing. Dia juga berharap, persoalan di Batu Koneng segera diselesaikan sehingga tidak ada lagi warga yang harus mengungsi. “Saya minta supaya segera diselesaikan sehingga mereka tidak perlu ada ditempat pengungsian. Apalagi ini sudah memasuki bulan suci Ramadhan,” pesan dia.

Selain didampingi Danlantamal IX Laksma TNI Nur Singgih Prihartono, turut hadir dalam acara tersebut Wakil Gubernur Maluku Zeth Sahuburua, Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Tri Soewondo, Walikota Ambon Richard Louhanapessy, Wakil Walikota Ambon Syarief Hadler serta sejumlah pejabat di daerah ini.

Kabag Operasional Polres Ambon, Kompol Bachrie Hehanussa mengatakan, pihaknya tetap melakukan pengamanan di kawasan Batu Koneng. Pengamanan  itu masih akan terus berlanjut sesuai dengan kondisi yang ada. ‘’Silahkan pengunsi kembali. Mereka tidak perlu kuatir, karena kami masih terus melakukan pengamanan disana (Batu Koneng red), dengan menempatkan personil gabungan TNI dan Polri,” kata dia.

Menurut dia, pengembalian pengungsi itu, memang suatu harapan yang telah terwujud. Hal itu untuk menjamin keamanan di Kota Ambon. “Kita akan membangun pos permanen disana (Batu Koneng red). Dan sampai saat ini, personil yang ditempatkan di Batu Koneng yakni dari Satbrimob, Satgas BKO Yonif 734, PRC dan personil gabungan Polres Ambon,” terangnya.

Hehanussa menambahkan, masyarakat terutama warga Batu Koneng, tidak perlu takut dan silahkan melakukan aktivitas seperti biasanya. “Tidak perlu takut, karena personil tetap kita tempatkan disana,” tegas dia.

GERAKAN BERLIAN
Sementara itu, Menteri Yohana dalam kunjungannya mengatakan, untuk mewujudkan KLA, maka perlu untuk diperhatikan indikator yang ada.  “Kita akan mewujudkan KLA. Pemerintah dan seluruh stakeholder perlu memperhatikan 24 indikator KLA. Memang tidak mudah, namun kementerian yakin dengan komitmen yang kuat, kita bisa bersama-sama mewujudkan KLA sebagai salah satu cara menurunkan angka kekerasan, khususnya terhadap anak-anak,” kata dia kepada wartawan di Ambon, Rabu (24/5).

Menurut dia, saat ini kementerian yang dipimpinnya tengah mengembangkan strategi guna melindungi dan memenuhi hak-hak anak Indonesia, termasuk yang ada di Maluku. “Saat ini kami di kementerian, tengah mengembangkan pendekatan Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM), guna meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang hak-hak anak dan perlindungan di antara anak-anak dan orang dewasa,” jelas dia.

Dikatakan, melalu gerakan BERLIAN dan launching KLA, maka akan semakin banyak masyarakat yang sadar tentang pentingnya menjaga dan melindungi keluarga. “Biar masyarakat sadar dalam melakukan perlindungan terhadap perempuan dan anak,” tandasnya.

Sementara itu, Gubernur Maluku, Said Assagaf mengatakan, Pemprov Maluku Maluku selama ini telah berupaya mengimplementasikan kebijakan terkait PPPA dalam berbagai program daerah. “Salah satu bentuk dukungan kita, dengan menetapkan dua kabupaten/kota, yakni Kota Ambon dan Kabupaten Maluku Tengah sebagai pilot project PATBM, dalam program gerakan BERLIAN ini,” katanya.

Assagaff mengaku, Maluku sering diperhadapkan dengan kendala-kendala geografis yang sulit. Sehingga ketika perempuan mengalami persoalan, maka solusi dan upaya-upaya penanganan masalah perempuan sering terkendala. “Untuk itu, pendekatan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak berbasis masyarakat kepulauan mesti diperhatikan dengan sungguh-sungguh,” jelasnya.(AHA/AMEKS)

Comments

comments

NEWS UPDATE

BUAT HARI ANDA BERKUALITAS
QUICK CONTACT:
OFFICE :

Graha L9 Lantai 3, Jalan. Raya Kebayoran Lama Pal 7. No 17, Jakarta Selatan.

© 2016 KILASMALUKU.COM by FAJAR.co.id

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!