Inilah Dua Arahan Penting Gubernur Buat Fatlolon Usai Dilantik Sebagai Bupati MTB – Kilas Maluku
FOKUS BERITA

Inilah Dua Arahan Penting Gubernur Buat Fatlolon Usai Dilantik Sebagai Bupati MTB

KILASMALUKU.com – Usai dilantik sebagai Bupati Maluku Tenggara Barat (MTB), Petrus Fatlolon langsung diemban dua tugas penting dari Gubernur Maluku, Said Assagaf untuk kembangkan daerah yang dipimpinnya.

Dalam pelantikan yang berlangsung di Lapangan Merdeka Ambon pada, Senin (22/5) itu, Assagaf langsung memberikan dua arahan penting buat Fatlolon, yakni soal penyambutan Blok Marsela dan tatanan kebudayaan di Kabupaten MTB.

Gubernur berharap kekayaan alam di Blok Marsela mesti disikapi secara bijak sejak sekarang. Untuk itu, Fatlolon mengatakan, dirinya bersama Pemerintah Kabupaten MTB harus mempersiapkan sejak dini Sumber Daya Manusia (SDM) dan juga mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan persiapan dimulainya operasional Blok Marsela. Untuk menjawab hal tersebut, dalam pemerintahannya lima tahun kedepan, dirinya akan melakukan komunikasi dengan perguruan tinggi, apakah itu dengan Unpatti ataupun dengan perguruan tinggi lainnya dalam mempersiapkan SDM orang Tanimbar agar dapat memenuhi kualifikasi tenaga kerja di bidang minyak dan gas bumi.

“Misalkan nanti ada pengiriman tenaga-tenaga muda kita untuk mengikuti dikalat di CEPU, kemudian yang berikut kita akan memprogramkan supaya anak-anak didik kita yang baru lulus SMA bisa kuliah pada fakultas pertambangan ataupun di institut teknologi yang konsentrasinya di bidang minyak dan gas bumi,” lanjut Fatlolon.

Sementara itu, buat Fatlolo tatanan kebudayaan di daerah yang mestinya ditingkatkan dan dijaga dengan sebaik-baiknya. Menurut Fatlolon, MTB memiliki budaya Duan Lolat, dan itu merupakan kekayaan budaya yang tidak dimiliki oleh daerah lain. Dirinya mengatakan, salah satunya yang telah menjadi icon orang maluku yakni kain tenun asal MTB. Untuk itu, dirinya akan meminta setiap SKPD, seluruh PNS, pegawai BUMN dan BUMD yang ada di Kabupaten MTB untuk memakai pakaian dinas yang bernuansa tenun, 1 hari dalam seminggu.

“Saya beri contoh praktis misalnya implementasi dari budaya ini adalah salah satunya ada di tenun. Kain tenun ini mungkin tidak dimiliki di daerah lain dan tenun sekarang sudah menjadi icon orang Maluku. Karena itu saya akan meminta setiap SKPD, seluruh PNS, pegawai BUMN dan BUMD yang ada di Kabupaten MTB untuk memakai pakaian dinas yang bernuansa tenun, 1 hari dalam seminggu. Nanti kita tetapkan apakah itu pada hari Rabu atau Kamis, maupun Jumat,” kunci Bupati MTB ini dengan mantap. (redaksi/km02)

Comments

comments

NEWS UPDATE

BUAT HARI ANDA BERKUALITAS
QUICK CONTACT:
OFFICE :

Graha L9 Lantai 3, Jalan. Raya Kebayoran Lama Pal 7. No 17, Jakarta Selatan.

© 2016 KILASMALUKU.COM by FAJAR.co.id

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!