Bangga.. Tiga Tokoh Asal Jazirah Leihitu Ini Siap Diusulkan Sebagai Pahlawan Nasional – KILASMALUKU.com
FOKUS BERITA

Bangga.. Tiga Tokoh Asal Jazirah Leihitu Ini Siap Diusulkan Sebagai Pahlawan Nasional

KILASMALUKU.com – Peran tiga tokoh asal Jazirah Leihitu, Imam Rijali, Kapitan Tulukabessy dan Kapitan Kakiali dalam mengusir penjajah dari tanah Hitu patut diingat dalam sejarah bangsa Indonesia.

Tiga tokoh sentarl ini memiliki peran besar dalam mempertahankan dataran Jazirah Leihitu dari ambisi penjajah. Dataran Tanah Hitu pernah menjadi pelabuhan internasional dalam perdagangan rempah-rempah, sehingga terjadi proses perjumpaan dan akulturasi dengan pelbagai kebudayaan di nusantara maupun kebudayaan di Asia, seperti Arab, China, India maupun kebudayaan Eropa, seperti Portugis, Inggris, Spanyol dan Belanda.

Atas perjuangan tiga tokoh ini mempertahankan dataran Tanah Hitu dari penjajah, Gubernur Maluku Said Assagaf meminta, agar DPN Hena Hitu dapat membuat program kajian dan penelusuran sejarah tentang tiga tokoh tersebut, untuk kita bisa usulkan sebagai pahlawan nasional.

Menurut orang nomor satu di pemerintah Provinsi Maluku ini mengakui, peran tiga tokoh itu sangat luar biasa. “pemerintah daerah siap menfasilitasi program seperti ini, agar tiga tokoh ini disulkan menjadi pahlawan nasional,” kata Assagaf saat melantik Dewan Pimpinan Negeri (DPN) se-Jazirah Leihitu, di Hila, Rabu (17/5)

Selain itu, Assagaf juga menyarankan agar pengurus Dewan Pimpinan Negeri se-Jazirah Leihitu bisa mengambil peran dalam menjaga keamanan, serta menjadi agen perubahan di tanah Jazirah Leihitu ini. (redaksi/km02)

Comments

comments

Click to comment

NEWS UPDATE

BUAT HARI ANDA BERKUALITAS
QUICK CONTACT:
OFFICE :

Graha L9 Lantai 3, Jalan. Raya Kebayoran Lama Pal 7. No 17, Jakarta Selatan.

© 2016 KILASMALUKU.COM by FAJAR.co.id

To Top