Warga Desak Segara Bentuk Pemilihan Raja Batumerah, FORPENAHA: Ada yang Halangi Kami Lawan! – KILASMALUKU.com
AMBOINA

Warga Desak Segara Bentuk Pemilihan Raja Batumerah, FORPENAHA: Ada yang Halangi Kami Lawan!

Pertemuan FORPENAHA dengan warga batumerah, Foto: Arlis

KILASMALUKU.com- Wacana pemilihan raja definitif Negeri Batumerah kembali mengemuka. Masyarakat mempertanyakan tahapan dan status panitia pemilihan yang sudah setahun dibekukan oleh Pemerintah Kota Ambon dengan pertimbangan adanya revisi Perda.

Keinginan warga untuk mengangkat raja devinitif semakin tampak dengan diadakannya beberapa kali pertemuan yang diprakarsai oleh Forum Peduli Negeri Hatukau (FORPENAHA). Kamis (11/5) kemarin FORPENAHA  juga menggelar pertemuan yang sama dengan agenda pemilihan raja defenitif di negeri berjuluk Hatukao.

Dalam pertemuan tersebut, Ketua Forpenaha Ronny Ternate mengatakan, masyarakat Negeri Batumerah sangat mendukung percepatan proses pemilihan raja di Negeri Batumerah.

”Pada prinsipnya masyarakat sudah sangat menginginkan adanya raja yang baru. Pada beberapa kali pertemuan bersama masyarakat, pemuda maupun forum ini, sudah menyatukan presepsi, menyepakati proses ini harus segera dilaksanakan.  Kami sudah menginginkan adanya raja defenitif,” tegasnya.

Dijelaskan pula, FORPENAHA telah melakukan beberapa langkah strategis guna percepatan proses pemilihan raja, ”tentu kami berjalan sesuai dengan aturan dan kapasitas kami sebagai fungsi kontrol serta perpanjangan tangan dari asprasi masyarakat. Jadi selain melakukan pertemuan dengan masyarakat, kami juga melakukan tatap muka dengan dewan saniri serta membangun koordinasi bersama bagian tata pemerintahan kota ambon,” paparnya.

Langkah tersebut dilakukan, lanjut Ronny, untuk mengetahui secara pasti status panitia dan tahapan yang telah dilakukan, serta mempertanyakan barbagai regulasi terkait termasuk perda revisi tentang pengangkatan dan pemberhentian kepala pemerintahan desa/ raja.

” Demi kamajuan Negeri Batumerah kedepan, kami tidak mau asbun (asal bunyi) dan semua langkah itu kami lakukan” tandasnya.

Ronny menegaskan percepatan proses pemilihan raja devinitif, menjadi komitmen forum. Karena itu, bila ada pihak yang mencoba menghalangi proses tersebut demi kepentingan pribadi, maka pihaknya tidak segan-segan untuk melakukan perlawan,” Jadi sekali lagi saya tekankan, forum siap melawan siapapun yang menghentikan proses ini dengan alasan yang tidak rasional,” pesannya. (redaksi_KM03)

Comments

comments

NEWS UPDATE

BUAT HARI ANDA BERKUALITAS
QUICK CONTACT:
OFFICE :

Graha L9 Lantai 3, Jalan. Raya Kebayoran Lama Pal 7. No 17, Jakarta Selatan.

© 2016 KILASMALUKU.COM by FAJAR.co.id

To Top