Lha, Nusaniwe Kok Bisa Tunggak Raskin Rp21 Juta? Masyarakat kan tidak Dikasih Gratis – Kilas Maluku
AMBOINA

Lha, Nusaniwe Kok Bisa Tunggak Raskin Rp21 Juta? Masyarakat kan tidak Dikasih Gratis

KILASMALUKU.com- Warga sudah sepantasnya protes jika sampai Perum Bulog (Drive) Maluku benar-benar menghentikan distribusi Beras Miskin (Raskin) tahun ini. Pasalnya, dengan alasan tunggakan hingga Rp 21,552.000, Bulog mengancam tidak akan menyalurkan raskin ke Kecamatan Nusaniwe, Pulau Ambon.

Kepala Perum Bulog Devisi Regional (Divre) Maluku Mahmud Hentihu mengatakan, tunggakan itu tejadi pada tahun 2016 lalu, dengan total Rp21.552.000 yang belum disetor.

“Karena itu, jika nantinya stok raskin sudah kita terima dari pusat, kita tidak bisa kirim ke sana (Nusaniwe) karena mereka masih nunggak,”tegas kepada wartawan , Selasa (25/4/2017).

Dijelaskan, dari empat kecamatan hanya Nusaniwe yang memiliki tunggakan paling tinggi. Karena itu diwajibkan bagi pemerintah setempat untuk segera melunasi hutang-hutang tersebut sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Jalan keluarnya hanya itu, mereka harus lunasi dulu baru kita kirim raskin kecamatan ini dan hanya itu solusinya tidak ada yang lain,”tegas dia.

Dia mengaku terkait masalah tersebut, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku untuk menangani persoalan ini. Koordinasi tersebut sengaja dilakukan agar pihak kecamatan dapat menyelesaikan tunggakannya.

“Senin kemarin kita rapat terkait dengan penunggakan ini dan hasil keputusan rapat, Kecamatan Nusaniwe harus melunasi dulu tunggakan mereka sampai lunasi baru kita kirim beras ini ke kecamatan tersebut,”terangya.

Sementara itu, Endi (35), warga Talake Kecamatan Nusaniwe mengaku heran, jika ada tunggakan raskin. Menurutnya penyaluran raskin tidak pernah gratis. Masyarakat tidak akan dikompromi untuk berhutang atau mengambilnya secara gratis.

“Kami selalu membayar. Kalau dibilang ada tungggakan sebesar itu kan aneh, lalu uang yang kita bayar kemana?,” tanyanya.

Karena itu, dia meminta agar masalah hutang raskin itu tidak dibebankan kepada masyarakat. Keterlambatan penyetoran hanyalah ulah oknum-oknum tertentu dan tidak mengatasnamakan masyarakat Nusaniwe.(SMG/redaksi_KM01)

Comments

comments

NEWS UPDATE

BUAT HARI ANDA BERKUALITAS
QUICK CONTACT:
OFFICE :

Graha L9 Lantai 3, Jalan. Raya Kebayoran Lama Pal 7. No 17, Jakarta Selatan.

© 2016 KILASMALUKU.COM by FAJAR.co.id

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!