Nih Lihat! Kasus HIV/AIDS di Ambon Naik 200 Persen, Gimana, Masih Berani ‘Jajan’ Sembarangan? – KILASMALUKU.com
HEADLINE

Nih Lihat! Kasus HIV/AIDS di Ambon Naik 200 Persen, Gimana, Masih Berani ‘Jajan’ Sembarangan?

ilustrasi

KILASMALUKU.com – Angka mengejutkan berhasil diperoleh Dinas Kesehatan Kota Ambon soal penderita HIV/AIDS. Berdasarkan hasil pendataan, jumlah kasus HIV tahun ini naik fantastis, 200 persen!

Itu terlihat dari peningkatan kasus HIV antara tahun 2016 sebanyak 58, melonjak menjadi 190 penderita di tahun ini. Sementara AIDS dari 31 kasus sekarang naik jadi 54 kasus.

Wakil Ketua Komisi I DPRD Kota Ambon, Saidna Bin Tahir mengaku cemas dengan penyebaran penyakit mematikan tersebut. Menurutnya, harus ada langkah kongkrit untuk memcegah penularan yang lebih besar lagi.

“Sejauh ini telah difungsikan klikni IMS dan HIV di sejumlah puskesmas di Kota Ambon. Di Tahun 2015, ada sembilan puskesmas yang di jadikan klinik IMS Dan HIV. Tahun 2016 meningkat menjadi 11,” kata Saidna seperti dilansir dari rakyatmaluku, (Fajar Grup).

Saidnya menyarankan, Dinkes Kota Ambon perlu meningkatkan mobile skrining sehingga mempercepat penemuan kasus HIV maupun AIDS di masyarakat.

Selain itu, tambahnya perbanyak klinik IMS, HIV, dan sosialisasi tentang bahaya HIV/AIDS. “Kita dorong agar kasus HIV/AIDS ini terus dipantau perkembangannya,” saranya.

Proses sosialisasi akan bahaya HIV/AIDS harus terus dilakukan di masyarakat, sehingga penyebaran virus mematikan ini dapat ditekan di masyarakat. Khususnya buat tempat-tempat hiburan malam, maupun pusat prostitusi di Kota Ambon.

“Para pramuria harus terus diperiksa kesehatannya, sehingga perkembangan HIV/AIDS di lokasi-lokasi pusat hiburan ini dapat di kontrol,” tutupnya. (R1/RM/redaksi_KM03)

Comments

comments

NEWS UPDATE

BUAT HARI ANDA BERKUALITAS
QUICK CONTACT:
OFFICE :

Graha L9 Lantai 3, Jalan. Raya Kebayoran Lama Pal 7. No 17, Jakarta Selatan.

© 2016 KILASMALUKU.COM by FAJAR.co.id

To Top