TNI/Polri Ikut Kawal Pengujian Sampel di Pulau Romang – KILASMALUKU.com
DAERAH

TNI/Polri Ikut Kawal Pengujian Sampel di Pulau Romang

KILASMALUKU.com – Tim kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bersama tim dari Universitas Pattimura (Unpatti) kemabli mengambil sampel tanah, air dan bebatuan di Pulau Romang, Kabupaten Maluku Barat daya (MBD) untuk diteliti kembali, pasca ditutup oleh Pemerintah Daerah Maluku.

Pengambilan sampel tanah, batu dan air ini berdasarkan laporan dari tim ahli Universitas Pattimura soal kerusakan alam di Pulau Romang, akibat eksploitasi oleh PT Gemala Borneo Utama (GBU). Dalam pengambilan sampel tersebut, pihak peneliti dari Kementerian ESDM dan ahli Unpatti mendapat pengawalan ketat dari anggota polisi (Mabes Polri), Polda Maluku, Polres MBD dan kesatuan Koramil.
“Kami diperintahkan agar mengawal proses ini hingga selesai, agar masyarakat juga merasa tidak dibohongi nantinya”, ujar salah seorang personil kepolisian yang mengawal rombongan.

Pengawalan ketat ini tak terlepas dari aksi pengrusakan terhadap aset perusahan milik PT GBU yang sempat dirusak oleh masyarakat setempat, karena tak setuju dengan kehadiran perusahan pertambangan itu.

“Tidak hanya dirusak, harta benda kami bahkan dijarah oleh saudara-saudara kami sendiri yang kontra pihak GBU. Kami tidak membalas perbuatan itu namun kami serahkan sepenuhnya kepada pihak berwenang untuk segera menyelesaikannya. Kami hanya lari menyelamatkan diri serta membawa istri dan anak-anak kami ke hutan demi menghindari aksi tersebut”, ujar salah satu masyarakat asli pulau Romang. (redaksi/KM01)

Comments

comments

NEWS UPDATE

BUAT HARI ANDA BERKUALITAS
QUICK CONTACT:
OFFICE :

Graha L9 Lantai 3, Jalan. Raya Kebayoran Lama Pal 7. No 17, Jakarta Selatan.

© 2016 KILASMALUKU.COM by FAJAR.co.id

To Top