Jangan Kaget, Ternyata Begini Nasib Pekerja Tambang di Pulau Romang Pasca Kebijakan Penutupan – Kilas Maluku
DAERAH

Jangan Kaget, Ternyata Begini Nasib Pekerja Tambang di Pulau Romang Pasca Kebijakan Penutupan

Desa Hila, Pulau Romang

KILASMALUKU.com – Pemerintah Daera (Pemda) Maluku, lewat keputusan Gubernur Said Assagaf untuk menghentikan aktifitas di kawasan tambang emas di Pulau Romang, yang saat ini dikelola oleh PT Gemala Borneo Utama (GBU).

Penutupan perusahan emas yang berada di Kabupaten Maluku Barat Daya ini atas data dan temuan kerusakan alam, yang diuji tim dari Universitas Pattimura. Dugaannya lantaran menggunakan bahan kimia merkuri.

Meski sudah tutup, ternyata pihak perusahan terus membayar upah karyawannya, bahkan upah yang diberikan mengalami kenaikan.

Hal itu diungkapkan karyawan yang berdomisili di Desa Hila, Pulau Romang, Etus Pookey. Sejak perusahaan hentikan aktifitasnya, mereka tetap menjalankan tugas sebagai karyawan seperti biasa dan mendapatkan gaji tetap.

“Penghasilan ini sangat berarti bagi kami. Anak saya ada yang masih mengikuti studi, butuh biaya besar, namun perusahaan tetap membantu kami. Yang saya heran, ada saja kelompok yang menentang”, keluh Etus kepada wartawan di Romang.

Dia berharap, pemerintah bisa mempertimbangkan dan mengambil kebijakan secara objektif terhadap aktifitas pertambangan di Romang. Pasalnya banyak warga Romang yang manggunakan nasib di perusahaan tersebut.

“Kita berharap kali ini, pemerintah dapat mengambil keputusan yang seadil-adilnya sesuai dengan data riil yang ada di lapangan agar masyarakat juga tidak ada yang dirugikan akibat perbuatan segelintir orang yang menolak kehadiran GBU di Romang,” harapnya.

Diketahui jumlah karyawan yang masih tetap bekerja adalah sebanyak 134 orang yang terdiri dari Staf Perusahan yang berjumlah 28 orang, tenaga Porter 22 orang, Buruh Harian Lepas (BHL) sebanyak 54 orang, dan Wachker (Sekuriti) sebanyak 30 personil. (redaksi_KM03)

Comments

comments

NEWS UPDATE

BUAT HARI ANDA BERKUALITAS
QUICK CONTACT:
OFFICE :

Graha L9 Lantai 3, Jalan. Raya Kebayoran Lama Pal 7. No 17, Jakarta Selatan.

© 2016 KILASMALUKU.COM by FAJAR.co.id

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!