Sekarang Pendaki Dilarang ke Gunung Api Banda, Statusnya Naik ke Level Waspada – Kilas Maluku
DAERAH

Sekarang Pendaki Dilarang ke Gunung Api Banda, Statusnya Naik ke Level Waspada

FOTO: mohas amir

KILASMALUKU.com- Perkembangan terbaru dilaporkan pos pemantau gunung Api Banda menyatakan, statusnya kini sudah berada di level waspada. Karena itu, dihimbau kepada warga yang ingin mendaki untuk tidak mendekat atau naik ke atas gunung.

“Statusnya naik ke level waspada II sejak tengah pekan kemarin. Sekarang kami tidak mengizinkan warga dan siapapun yang ingin naik ke puncak gunung Banda,” ujar kepala pos pemantau Gunung Api Banda, Johan Hasan, seperti dikutip dari Kompas.com, kemarin.

Menurutnya, larangan tersebut juga berlaku bagi warga setempat agar menjauh antara radius 1 KM.

Meski begitu, katanya aktivitas kawah di gunung tersebut masih berlangsung normal dan belum ada penurunan level, warga diminta tetap waspada , ”Aktivitas kawah masih normal belum ada peningkatan, tapi warga harus tetap waspada,”pintanya.

Dia sendiri mengaku kalau masih ada warga yang tinggal dibawa kaki gunung tersebut, namun jika dihitung dari bawa dasar kawah, posisi tempat tinggal warga berada lebih dari radius 1 kilometer.

“Jadi hitungannya itu bukan dari atas gunung, namun dari kawah, nanti jika statusnya naik menjadi siaga  barulah semua masyarakat yang ada disitu dievakuasi,”ungkapnya.

Sebelumnya, dua hari lalu, Gubernur Maluku Said Assagaff juga telah meminta Camat setempat untuk mengintruksikan kepada warga yang tinggal di dekat gunung tersebut agar segera mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Peningkatan aktivitas gunung api banda ini ditandai dengan munculnya asap putih setinggi 25 meter dari atas puncak tersebut sejak tengah pekan lalu. Gunung Api banda sendiri tercatat telah meletus sejak beberapa kali, terakhir letusan gunung tersebut terjadi pada tahun 1988 dan memaksa sebagian warga Banda mengungsi ke sejumlah daerah di Maluku. (SMN/kps/redaksi_KM01)

Comments

comments

NEWS UPDATE

BUAT HARI ANDA BERKUALITAS
QUICK CONTACT:
OFFICE :

Graha L9 Lantai 3, Jalan. Raya Kebayoran Lama Pal 7. No 17, Jakarta Selatan.

© 2016 KILASMALUKU.COM by FAJAR.co.id

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!