BAHAYA!! Ijazah dan Daftar Alumni IAIN Ambon Tak Terdaftar di PDPT Kemenag, Ilegal Kah?? – Kilas Maluku
HEADLINE

BAHAYA!! Ijazah dan Daftar Alumni IAIN Ambon Tak Terdaftar di PDPT Kemenag, Ilegal Kah??

KILASMALUKU.com – Kembali masalah keabsahan ijazah dan alumni di perguruan tinggi di Maluku bermasalah. Kali ini, hal serupa menimpa alumni di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon.

Hampir sebagian besar alumni IAIN Ambon dari angkatan 2008 sampai 2015 tidak terdaftar di Pangkalan Data Perguruan Tinggi (PDPT) Kementerian Agama (Kemenag) RI. Hal tersebut terungkap dari salah satu alumni IAIN Ambon, yang melakukan pencarian secara online di akun dengan alamat link http://forlap.dikti.go.id/mahasiswa, untuk mengecek daftar nama alumni.

Tak sampai disitu, alumni IAIN Ambon dengan nama media sosial facebook @Dzaky Almuwahhid itu juga melakukan pencarian terhadap keabsahan dirinya sebagai alumni IAIN Ambon tak terdaftar, serta keabsahan ijazahnya juga tak terdaftar. Alumni mahasiswa Fakultas Dakwah, Jurusan Komunikasi itu melakukan pencarian dengan http://belmawa.ristekdikti.go.id/ijazah/ juga tak menemukan kode atau daftar ijazahnya.

Atas postingan @Dzaky Almuwahhid pada Sabtu (8/4) kemarin, pukul 11.24 WIB, mendapat respon dari beberapa alumni IAIN Ambon dengan berbagai komentar. Misalkan salah satu alumni dengan nama facebook @Bila Bilbil Alkatiri mengakui, bahwa dirinya sudah melakukan registrasi ulang di kampus, tetapi namanya juga tidak terdaftar. “d.pdpt mahasiswa jg gk ada.. Ana gk terdaftar, padahal udh registrasi,” tulisnya.

Sementara @Dewi Aisyah Khumairah hanya memberikan komentar dengan nada datar. “Hee ini su bagimana lai??” tulisnya.

Atas informasi ini, puluhan alumni IAIN Ambon langsung melakukan pencarian status keabsahan mereka sebagai alumni di perguruan tinggi Islam di Maluku itu. Dari hampir semua pencarian tak ada satu pun alumni yang mendapat nama mereka di PDPT Kemenag. Bahkan, alumni yang sudah melakukan registrasi ulang di Kampus, juga tidak mendapat data alumni mereka.

Padahal, waktu dari Kemenag untuk pihak kampus melakukan registrasi mahasiswa dan alumni terbatas oleh waktu. Dan apabila data alumni IAIN Ambon tak terdaftar, maka berpeluang besar tidak bisa mengikuti tes calon pegawai negeri sipil ke depan, hingga keabsahan alumni dan ijazah mereka terdaftar di Kemenag.

Menanggapi informasi tersebut, salah satu tenaga pegawai di IAIN Ambon dengan nama akun facebook @Abha Mahulauw, menyarankan agar melakukan pendaftaran ulang di pihak PDPT IAIN Ambon dengan membawa persyaratan dimaksud. “Bagi Para Alumni yang ijazahnya belum terdaftar silahkan ke PDPT lantai 1 rektorat sayap kanan (depan akademik) dengan membawa f.copy ijazah dan transkrip serta mengisi formulir yang disediakan,” jelasnya dalam komentar.

“Apabila sudah mendaftarkan diri tapi belum terdaftar secara online silahkan menghubungi PDPT juga. Demikian informasinya dan mohon kerjasamanya,” tambahnya. (redaksi/kilasmaluku)

Comments

comments

NEWS UPDATE

BUAT HARI ANDA BERKUALITAS
QUICK CONTACT:
OFFICE :

Graha L9 Lantai 3, Jalan. Raya Kebayoran Lama Pal 7. No 17, Jakarta Selatan.

© 2016 KILASMALUKU.COM by FAJAR.co.id

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!