Pak Bupati MTB, Mana Tunjangan Sertifikasi Kami! – KILASMALUKU.com
POLITIK

Pak Bupati MTB, Mana Tunjangan Sertifikasi Kami!

KILASMALUKU.com- Kemarahan para guru di Maluku Tenggara Barat (MTB) sepertinya tak bisa lagi dibendung. Tunjangan sertifikasi yang harusnya diterima sejak pertengahan 2016 lalu belum juga dicairkan.  Buntutnya, mereka melakukan aksi demonstrasi lewat wadah Persatuan Guru Republik Indonesia (PGR) di kantor Bupati MTB, kemarin.

Dalam tuntutannya, para guru meminta pemerintah segera melunasi tunjangan sertifikasi mereka, mulai dari pertengahan 2016 lalu hingga saat ini.

“Pak bupati dan kepala dinas yang terhormat, dimana tunjangan sertifikasi kami dari triwulan III dan IV tahun 2016. Berikan kepada kami. Itu uang kami. Itu hak kami, jangan disimpan,” teriak salah satu pendemo, seperti dikutip dari Ambon Ekspres (grup FAJAR).

Ratusan guru saat berdemo di kantor Bupati MTB

Menurut pendemo, bukan hanya soal tunjangan sertifikasi guru melainkan sejumlah hak-hak para tenaga pendidik yang berada di kabupaten bertajuk Doan Lolat itu ternyata sengaja diperlambat oleh oknum-oknum pejabat yang ada dilingkup Pemkab MTB.

“Jangan sengsarakan kami. Jangan siksa kami. Berikan apa yang menjadi hak kami. Selama ini kita terus bersabar. Namun kesabaran kami harus sampai kapan. Kami juga manusia,” kata pendemo.

Pendemo juga menuntut Pemkab MTB, untuk segera mencairkan tunjangan perbatasan yang tak kunjung cair sejak tahun 2015 lalu. “Kami minta supaya tunjangan khusus perbatasan juga dicairkan, karena sebagian guru sudah menerimanya. Namun sebagian besar belum terima. Bupati harus transparan soal dana-dana itu,” tandas mereka. Dalam aksi itu Polres MTB menerjunkan 1 satuan Satuan setingkat Kompi (SSK)

Demonstrasi baru berakhir sekitar pukul 13.30 WIT

Sebelumnya, ratusan guru jenjang SD, SMP dan SMA serta pengawas di MTB terutama di Tanimbar Utara hingga kini belum menerima tunjangan sertifikasi guru triwulan III (Juli-Agustus-September) dan Triwulan IV (Oktober-November-Desember) tahun 2016 kini belum juga diterima oleh para guru setempat.

Kabid SMA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Maluku Nus Kesaulija, mengatakan, dana sertifikasi tahun 2016 itu ditangani langsung oleh kabupaten/kota. ‘’Untuk penyaluran dana sertifikasi, dinas (Dikbud Maluku) tidak mengetahuinya. Namun yang pasti dana tersebut ada dan silahkan ditanyakan ke Dinas Pendidikan Kabupaten MTB,’’ katanya.

Lanjut dia, nantinya di tahun 2017, barulah ditangani dikbud provinsi. Menurutnya, saat ini dikbud provinsi sedang melakukan proses untuk disalurkan dana tersebut kepada seluruh kabupaten/kota teristimewa bagi guru penerima sertifikasi. “Sekali lagi, dana sertifikasi guru tahun 2016 itu ditangani oleh kabupaten/kota,” tandasnya.(AHA/AMK/KM01)

Comments

comments

NEWS UPDATE

BUAT HARI ANDA BERKUALITAS
QUICK CONTACT:
OFFICE :

Graha L9 Lantai 3, Jalan. Raya Kebayoran Lama Pal 7. No 17, Jakarta Selatan.

© 2016 KILASMALUKU.COM by FAJAR.co.id

To Top