Gubernur Maluku Protes Menteri Susi, Luhut: Itu Hak Bapak, Bapak Pun Boleh Melawan Saya – KILASMALUKU.com
AMBOINA

Gubernur Maluku Protes Menteri Susi, Luhut: Itu Hak Bapak, Bapak Pun Boleh Melawan Saya

KILASMALUKU.com- Protes Gubernur Maluku Said Assagaff atas kebijakan penenggelaman kapal oleh Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti ditanggapi santai oleh Menko Maritim Luhut Panjaitan. Dihadapan Menko, Gubernur Maluku menyesalkan jika kapal-kapal pencuri ikan tersebut langsung ditenggelamkan.

“Sebaiknya disita saja oleh negara dan dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat,” usul Assagaff di hadapan Menteri Luhut saat berada di KM.KM. Dorolonda, Jumat (4/7).

Assagaff juga mengaku, jika perbedaan pandangan itu ditunjukan dengan meninggalkan Menteri Susi saat prosesi penenggelaman kapal ilegal fishing di Negeri Mamala dan Morrela, Pulau Ambon, Sabtu (1/4) lalu, “saya memutuskan tidak memberikan sambutan dan memilih beranjak lebih dulu dari lokasi komando pemusnahan kapal itu,” kata Assagaff.

Menanggapi protes itu, Menko Maritim balik menyarankan Assagaff, jika memang tidak setuju dengan kebijakan Menteri Susi, sebaiknya tidak usah hadir.

“Itu hak Pak Gubernur untuk mengatakan tidak setuju. Bapak pun boleh melawan saya. Nggak apa-apa saat saya salah. Diberitahu saja, kita maksudnya supaya semuanya menjadi jelas. Bahwa Ini semua kehendak rakyat,” ujar Luhut.

Dia bahkan menilai, posisi seorang Gubernur lebih tinggi dari menteri. Alasannya Gubernur dipilih langsung oleh rakyat, sementara Menteri hanya dipilih oleh Presiden.

“Pak Gubernur itu lebih tinggi dari saya. Bapak dipilih rakyat, saya dipilih oleh presiden. Dipilih rakyat lebih tinggi tentunya. Saya kira harus dimanfaatkan suara itu, karena suara itu lebih sakti dari saya,” tandasnya.

Meski begitu, Luhut katakan, dia akan menyampaikan kritik dari Assagaff tersebut kepada Presiden Joko Widodo, termasuk akan berbicara dngan Menteri Susi.

Kehadiran Luhut pada Musrembang Bersama di kapal Doronda yang berlangsung sejak Kamis (6/4), hingga Sabtu (8/4) ini, untuk memberikan pemaparan terkait kebijakan dan kondisi kemaritiman di Indonesia(pmrv/redaksi_KM01)

Comments

comments

Click to comment

NEWS UPDATE

BUAT HARI ANDA BERKUALITAS
QUICK CONTACT:
OFFICE :

Graha L9 Lantai 3, Jalan. Raya Kebayoran Lama Pal 7. No 17, Jakarta Selatan.

© 2016 KILASMALUKU.COM by FAJAR.co.id

To Top