Banyak Lulusan Unpatti tidak Terdaftar di Website DIKTI, Begini Tanggapan Pihak Kampus – KILASMALUKU.com
AMBOINA

Banyak Lulusan Unpatti tidak Terdaftar di Website DIKTI, Begini Tanggapan Pihak Kampus

KILASMALUKU.com- Pihak Universitas Pattimura (Unpati) tidak menampik adanya masalah data lulusan Unpati yang tidak terdaftar di website DIKTI.

Menurut Operator pangkalan data Universitas Pattimura, persoalan tersebut berkaitan dengan kelengkapan input data yang dilakukan sejak tahun 2000 hingga sekarang.

“Karena saat itu ada perbedaan sistem yang digunakan, misalnya dari sistem KRS kemudian simpati dan sekarang secara online lewat pangkalan data yang diteruskan ke DIKTI. Perbedaan ini juga yang mempengarui input data sehingga ada yang belum lengkap,” ujar Doddy Rupilo salah satu operator pangkalan data, saat dikonfirmasi KILASMALUKU.com, Jumat (17/3).

Meski begitu, lanjutnya, perbaikan data terus dilakukan. Pihak kampus akan melakukan penyesuaian secara bertahap dari beberapa angkatan hingga semua data yang belum falid terselesaikan.

“Jadi meskipun tidak diajukan sendiri oleh lulusan yang bersangkutan, pihak pangkalan data tetap akan memperbaikinya. Saya sendiri baru melakukan input data lulusan 2008, 2010 dan 2012. Hanya saja akan lebih cepat dan muda jika yang berkepentingan membawa sendiri semua berkas yang dibutuhkan,” harap Doddy.

Doddy juga menegaskan, isu yang beredar di Medsos sebenarnya tidak separah itu. Ijazah yang dimiliki setiap lulusan Unpatti tetap berlaku dan tercatat di DIKTI.

Masalah perbedaan data mahasiswa yang tertera dalam website forlap.dikti.go.id, hanya akan ditemui jika lulusan yang sudah menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) akan mengajukan kenaikan golongan atau pangkat. Karena usulan itu akan memerlukan penyesuaian data mahasiswa lewat pengkalan data yang terintegrasi dengan DIKTI.

“Bukan soal ijazah atau lulusannya. Semua bisa menggunakan ijazah untuk bekerja atau mengikuti tes Pegawai Negeri Sipil,” terangnya.

Dikatakan, informasi yang beredar di media sosial sebenarnya ditujukan kepada para pegawai yang ingin memperbaiki data secepatnya. Namun terlanjur tersebar luas sehingga banyak lulusan yang datang sendiri untuk memperbaikinya. (redaksi_KM01)

Comments

comments

Click to comment

NEWS UPDATE

BUAT HARI ANDA BERKUALITAS
QUICK CONTACT:
OFFICE :

Graha L9 Lantai 3, Jalan. Raya Kebayoran Lama Pal 7. No 17, Jakarta Selatan.

© 2016 KILASMALUKU.COM by FAJAR.co.id

To Top