MANTAP! Ranperda Ibu Hamil dan Disabilitas Siap Diparipurna – Kilas Maluku
POLITIK

MANTAP! Ranperda Ibu Hamil dan Disabilitas Siap Diparipurna

KILASMALUKU.com – Komisi D DPRD Provinsi Maluku siap mengusulkan dua rancangan peraturan daerah (Ranperda) untuk diparipurnakan.

Dua Ranperda tersebut tentang penyelenggaraan Disabilitas dan Ranperda tentang ibu hamil dan anak menyusui. Kebijakan DPRD untuk mengusul dua Ranperda ini karena masuk dalam kebutuhan manusia yang selama ini diabaikan.

Selain kebutuhan manusia, hal ini juga sebagai langkah penegakan hak asasi penyandang disabilitas. Secara formal Indonesia sudah memiliki sejumlah peraturan terkait hak-hak penyandang disabilitas.

Mulai dari UU No. 6 Tahun 1974 tentang Ketentuan Pokok Kesejahteraan Sosial, UU No. 4 Tahun 1997 tentang Penyandang Cacat sampai UU No. 19 Tahun 2011 tentang Hak Peyandang Disabilitas sebagai ratifikasi Konvensi PBB mengenai Hak Penyandang Disabilitas (CRPD) yang disahkan DPR RI November 2011 hingga terbentuknya HWDI yang merupakan wadah perkumpulan para penyandang disabilitas tersebut.

Ketua Komisi D DPRD Maluku Sa’adia Uluputti menjelaskan, penyandang disabilitas dan ibu hamil membutuhkan perlindungan serta langkah advokasi yang berkaitan dengan kehidupan mereka. “Mereka sangat membutuhkan perlindungan serta berbagai langkah advokasi yang berkaitan dengan kehidupan mereka, karena selama ini pemerintah menutup mata terhadap masalah tersebut,”jelasnya.

Selain itu, Uluputti juga mengharapkan agar Ranperda ini bisa menjadi payung hukum untuk mengakomodir pendidikan para penyandang disabilitas itu. “Semoga Ranperda ini menjadi payung hukum dan diikuti oleh seluruh Kabupaten/Kota di Maluku, sehingga yang diharapkan oleh penyandang disabilitas bisa terakomodasi,” harapnya. (redaksi/kilasmaluku)

Comments

comments

NEWS UPDATE

BUAT HARI ANDA BERKUALITAS
QUICK CONTACT:
OFFICE :

Graha L9 Lantai 3, Jalan. Raya Kebayoran Lama Pal 7. No 17, Jakarta Selatan.

© 2016 KILASMALUKU.COM by FAJAR.co.id

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!