Di UKIM, Menteri Khofifah Titipkan Kemajuan Desa Buat Mahasiswa – Kilas Maluku
FOKUS BERITA

Di UKIM, Menteri Khofifah Titipkan Kemajuan Desa Buat Mahasiswa

KILASMALUKU.com – Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa menjalin kerja sama dengan Universitas Kristen Maluku (UKIM), untuk mengentaskan kemiskinan di desa-desa yang tersebar di Provinsi Maluku lewat mahasiswa.

Saat ini, Kemensos sedang melakukan Rencana Pengembangan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) target yang ditentukan sebanyak 5000 desa sejahtera mandiri di 2019.

“5000 desa sejahtera mandiri tersebut dari berbagai kementerian lembaga dibawah koordinasi PMK. Kemudian dilakukan pemetaan, Kemenkes, Kemdikbud, dan Kemsos dimana hanya pada saat itu kita mengambil 100 desa, dan pada tahun ini bertambah menjadi 120 desa sejahtera mandiri,” kata Menteri Khofifah di Ambon, Kamis (9/2).

Guna menjalankan program tersebut, Menteri Khofifah melakukan kerja sama dengan mahasiswa di perguruan tinggi di Maluku, melalui Kulia Kerja Nyata (KKN) dengan harapan akan menjadi mitra strategis dalam menyiapkan desa sejahtera mandiri.

Mengingat, kata Khofifah sesuai data Badan Pusat Statistik (BPS) september 2016, kemiskinan di desa dua kali lipat 13,9 persen, dari kemiskinan di kota yang hanya mencapai 7,7 persen.

“Kita harapkan KKN di desa A, maka KKN berikutnya juga harus desa yang sama. Sampai kemudian desa tersebut bisa ditetapkan sebagai desa sejahtera mandiri,” tuturnya.

Untuk diketahui, UKIM menjadi perguruan tinggi ke-16 dalam kerja sama ini, dan diharapkan dengan kerja sama ini bisa mengurangi angka kemiskinan di desa-desa yang jauh dari jangkauan publik. (redaksi/kilasmaluku)

Comments

comments

BUAT HARI ANDA BERKUALITAS
QUICK CONTACT:
OFFICE :

Graha L9 Lantai 3, Jalan. Raya Kebayoran Lama Pal 7. No 17, Jakarta Selatan.

© 2016 KILASMALUKU.COM by FAJAR.co.id

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!