Sebut PT GBU Lakukan Genosida, Pistos Noija Kecam Tokoh Gereja – KILASMALUKU.com
FOKUS BERITA

Sebut PT GBU Lakukan Genosida, Pistos Noija Kecam Tokoh Gereja

KILASMALUKU.com – Kuasa hukum hak ulayat Pulau Romang, Maluku Barat Daya (MBD) Pistos Noija mengecam pernyataan Seketaris Umum MPH Sinode GPM, Pdt. Elifas Maispaitella yang menuduh PT GBU telah melakukan genosida di Pulau Romang

Atas pernyataan tersebut, Maispaitella yang menjadi pelayan Tuhan ini mendapat kritik dari Pistos Noija. “Seorang tokoh yang bicara, maka harus dipelajari, baik itu dengan mendengar, melihat dan mendalami sehingga perkataan yang keluar tidak semrawut,” ujarnya.

Apa yang dikatakan Maispaitella dari hasil studi Universitas Pattimura (Unpatti), menurutnya hasil tersebut belum valid, mengingat masih akan dilakukan kajian lingkungan ulang oleh tim gabungan, yang terdiri dari Unpatti dan Inspektur tambang.

“Siapa yang mengkomentari Genosida maka dia harus juga mendalami, sehingga pernyataan dapat menjadi berkat bagi orang, namun jangan sampai menghukum orang lain,” ucapnya.

Dirinya mengungkapkan, tidak ada upaya apapun untuk memindahkan masyarakat apalagi Genosida. selain itu, Noija juga mempertanyakan hasil studi lingkungan oleh Unpatti yang menemukan adanya mercuri dalam proses pengeboran.

“Selama ini semua kapal-kapal yang singgah dipulau romang selalu menggunakan air. Jika terbukti apa yang dikatakan bahwa ada mercuri, maka tentu semua orang yang menggunakan air akan mati,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, pemilik hal wilayat, Thomas Jeferson Johans mengungkapkan selama ini masyarakat Romang tidak menolak kehadiran PT GBU, tetapi yang menolak merupakan orang yang mengatasnamakan masyarakat Romang.

“Jika ada informasi telah terjadi pencemaran lingkungan akibat mercuri hal tersebut merupakan sebuah pembohongan publik,” ungkap Thomas. (redaksi/kilasmaluku)

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BUAT HARI ANDA BERKUALITAS
QUICK CONTACT:
OFFICE :

Graha L9 Lantai 3, Jalan. Raya Kebayoran Lama Pal 7. No 17, Jakarta Selatan.

© 2016 KILASMALUKU.COM by FAJAR.co.id

To Top