FOKUS BERITA

Nah, Alumni UPN Jogja Sebut Tim Ahli Unpatti Tidak Pahami Pertambangan

KILASMALUKU.com – Keprihatinan mengenai tarik ulur beroperasinya PT Gemala Borneo Utama (GBU) di pulau Romang belakangan ini makin memanas. Bahkan, Pemerintah maluku mengancam akan menutup tambang emas di Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) itu.

Menanggapi masalah tersebut, alumnus Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta Viska F. Rolobessy ikut prihatin dengan kondisi yang terjadi di pulau Romang.

Viska F. Rolobessy Alumni Universitas Pembangunan Nasional (UPN), Jurusan Teknik Pertambangan

Dijelaskan, berdasarkan hasil studi lingkungan yang dilakukan Universitas Pattimura (Unpatti) beberapa waktu lalu mengatakan, ada pencemaran yang terjadi di pulau Romang atas ulah PT GBU. Menurutnya, jika seseorang berbicara mengenai teknis pertambangan, yang bersangkutan harus benar-benar paham mengenai aturan teknis pertambangan itu sendiri.

“Sangat disayangkan ada orang yang masih bersikap defensif dan tidak memahami secara mendalam mengenai alur dari pertambangan. Mengenai teknisnya, mulai dari awal eksplorasi hingga pasca tambang. Pemahaman mengenai pertambangan itu sendiri, butuh waktu selama 4 tahun untuk memahaminya. Sangat disayangkan jika ada pihak-pihak yang tidak memahami hal itu lalu berkomentar dengan alasan-alasan yang ilmiah tetapi sebenarnya untuk menolak,” jelas Rolobessy.

Menurutnya, jika dilihat dengan berinvestasinya PT GBU di pulau Romang dalam bidang pertambangan emas, dengan sendirinya dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), yang kedepannya dapat memperbaiki sistem perekonomian dan sosial daerah menuju taraf yang lebih baik.

“Sebenarnya dengan keberadaan perusahan tambang itu, justru bisa memperbaiki bahkan meningkatkan pendapatan daerah yang ujung-ujungnya dapat memperbaiki sistem perekonomian dan sosial daerah menuju yang lebih baik,” akuinya.

“Kita sebagai alumni teknik pertambangan yang ada di Maluku berharap para aktivis atau siapapun yang turut terlibat di dalam hal ini untuk marilah kita sama-sama kita bekerjasama dalam menilai secara objektif untuk perusahan yang ada ini agar daerah kita bisa maju”, harapnya. (redaksi/kilasmaluku)

Komentar
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BUAT HARI ANDA BERKUALITAS
QUICK CONTACT:
OFFICE :

Graha L9 Lantai 3, Jalan. Raya Kebayoran Lama Pal 7. No 17, Jakarta Selatan.

© 2016 KILASMALUKU.COM by FAJAR.co.id

To Top