Lawan Hoax, PKB Maluku Bentuk Tim Cyber Kebangsaan – KILASMALUKU.com
POLITIK

Lawan Hoax, PKB Maluku Bentuk Tim Cyber Kebangsaan

Berita Hoax kini marak bertebaran di social media, menebar keresan, berita bohong, yang meresahkan masyarakat. Kebohongan yang selalu diulang-ulang bisa berubah jadi sesuatu yang dibenarkan. Hal tersebut diutarakan Arkan Toara, Koordinator Tim Cyber Kebangsaan, DPW PKB Maluku.
“Hoax ini punya potensi memecah belah keutuhan dan persatuan bangsa. Ada segelintir pihak yang sengaja menebar kebohongan dan menghasut. Mengulang-ngulang kebohongan agar jadi kebenaran dan pembenaran” ujar Toara.
Memasuki tahapan pencoblosan pada gelaran Pilkada di Maluku, dipandang sebagai arena yang ikut berkontribusi bagi penyebaran Hoax di social media. Ini bisa berdampak buruk bagi iklim demokrasi dan pilkada yang selama ini berjalan kondusif.
“Kami tidak mau Hoax mencidirai gelaran pilkada yang sebentar lagi memasuki tahap pencoblosan. Dan yang lebih penting Hoax adalah musuh bersama yang harus kita bendung. Maka dari itu, sebagai upaya prefentif, kami telah membentuk tim khusus (tim cyber kebangsaan) yang bekerja menditeksi hoax dan melakukan konter isu di social media” Lanjut Arkan.
Hoax beredar di social media, setiap hari selalu ada info yang punya tendensi membuat resah masyarakat. Sementara banyak dari pengua social media belum begitu menyadarinya. Khususnya penguna media di kota Ambon.
Lebih lanjut Arkan menjelaskan. “kami telah bekerjasama dengan IRS Consultant (Indonesia Research & Strategy – Personal Branding & Political Action Consultan) untuk mengadakan pelatihan intensif Tim Cyber Kebangsaan. Rencananya Agenda ini akan dilaksanakan pada akhir januari dengan 50 peserta. Para partisipannya antara lain: Garda Bangsa, Gemasaba, AMI Maluku, Ansor, Banser, Fatayat NU. Ini sebagai komitmen kami melawan Hoax demi kenyamanan dan keutuhan bersama,” tutup Toara. (GM/KLM)

Comments

comments

NEWS UPDATE

BUAT HARI ANDA BERKUALITAS
QUICK CONTACT:
OFFICE :

Graha L9 Lantai 3, Jalan. Raya Kebayoran Lama Pal 7. No 17, Jakarta Selatan.

© 2016 KILASMALUKU.COM by FAJAR.co.id

To Top