RAGAM

KPU Malteng : Kotak kosong tidak berhak jadi saksi

p_20161222_143557_1

KILASMALUKU.com-Ketua devisi teknis KPU kabupaten Maluku Tengah, Jaliman Latuconsina mengatakan, yang tidak bertanda gambar atau kotak kosong tidak berhak menjadi saksi.

Penjelasan tersebut menjawab pertanyaan masyarakat terkait mekanisme pelaksanaan pilkada di Maluku Tengah yang berlangsung 15 februari 2017, tahun depan.

Bahkan, dalam regulasi tidak ada istilah kotak kosong, tetapi Tidak Bertanda Tambar. Oleh sebab itu, tidak bertanda gambar tidak berhak mengajukan saksi. Yang berhak ajukan saksi adalah pasangan calon.

“Kotak kosong atau tidak bertanda gambar bukan pasangan calon sehingga tidak berhak menjadi saksi,” jelas Latuconsina saat sosialisasi pilkada satu pasangan calon di Masohi, Kamis,(22/12).

“Saksi adalah sekelompok orang yang didaftarkan oleh pasangan calon ke KPU, yang mana saksi dari pasangan calon, PPL dan Panwas, jadi jelas makna pasangan calon dan tidak bertanda gambar,” tandasnya.

Ditambahkan, KPU tidak berhak melayani tuntutan tim Tidak Bertanda Gambar sebagai saksi saat pemilihan. Namun begitu, Tidak Bertanda Gambar adalah pilihan bagi masyarakat dalam menyalurkan hak politiknya, serta dijamin Undang-undang. Maluku Tengah hanya diikuti satu pasangan calon, yakni Tuasikal Abua berpasangan dengan Marlatu Leleury.(radaksi_06)

Komentar
Click to comment

BERITA POPULER

To Top