DAERAH

Tempati Rumah Tak Layak, Abua Bangun Rumah Abu One

KILASMALUKU.com-Kehidupan Abu One(58),warga dusun Sapola desa Latea, kecamatan Seram Utara Barat, kabupaten Maluku Tengah ini sangat memperihatinkan.

Pria ini hidup sebatang kara di rumah yang berukuran 4×3 meter tanpa penerangan listrik dan air bersih. Rumah panggung berdinding papan itu telah ia tempati belasan tahun. Kondisinya sangat reot, tanpa peyangga, dan hanya beralasakan papan.

Informasi tentang kondisi Abu One diterima Tuasikal Abua ketika mengunjungi kecamatan setempat, Jumat,(16/12), kemarin. Tak tunggu lama, Tuasikal menyambangi langsung Abu One. “Saya bangun rumah pak Abu sehingga kehidupan kedepan lebih baik lagi,” cetus Tuasikal disambut tepuk tangan puluhan warga.

Sontak, Abu One tersenyum dengan mata berkaca-kaca saat mendengar rumahnya akan direnovasi. “Saya berterima kasih, bersyukur kepada Allah Swt telah memberikan saya rizki lewat bapak Tuasikal Abua,” ungkap Abu.

Selain renovasi rumah, Abu One juga diberikan sejumlah peralatan rumah tangga dan pertanian sehingga dapat digunakan untuk bercocok tanam. Meski begitu, Abu ogah menceritakan kisah hidupnya hingga memilih hidup sendirian. “Alhamdulillah terima kasih saya telah dikunjungi pak Tuasikal, rumah saya akan dibangun,” ungkapnya.

Kondisi serupa juga dialami Wa Ale, yang hidup seorang diri. Dalam kesempatan itu, Tuasikal memberikan bantuan peralatan dapur berupa panci, gelas serta peralatan rumah tangga lainnya. “Terima kasih buat bapak Tuasikal telah datang ke rumah saya, melihat kondisi saya,” tutur Wa Ale setengah menangis.

Kemiskinan yang mendera warga hampir terlihat di 18 kecamatan di kabupaten Maluku Tengah. Karena itu, sejak menjadi bupati tahun 2012, Tuasikal memprogramkan bantuan perumahan sebagai salah satu kebutuhan dasar.

Calon bupati petahana sekaligus calon tunggal yang kembali maju di periode kedua pilkada 2017 tahun depan ini, sejak tahun 2014 hingga 2016 telah membangun sebanyak 2.200 unit rumah tak layak huni di 18 kecamatan. “Bantuan stimulan perumahan swadaya sudah kita bangun di semua kecamatan, ini demi kesejahteraan masyarakat” jelasnya.

Di kecamatan itu, Tuasikal menyempatkan diri mengunjungi seluruh negeri. Dan banyak memberikan stimulan terkait potensi perikanan. Untuk menunjang potensi itu, Tuasikal telah membiayai pembangunan gedung PLN untuk kedepan membangun coldstroge bagi para nelayan.(redaksi_06)

Komentar
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

BUAT HARI ANDA BERKUALITAS
QUICK CONTACT:
OFFICE :

Graha L9 Lantai 3, Jalan. Raya Kebayoran Lama Pal 7. No 17, Jakarta Selatan.

© 2016 KILASMALUKU.COM by FAJAR.co.id

To Top