HEADLINE

Kelabui Aparat, Penambang di Gunung Botak Lakukan Penggalian Malam Hari

15401059_342500456120020_5929075845811880903_n

KILASMALUKU.com – Aktinitas menanmbang di kawasan Gunung Botak, Pualau Buru masih berlangsung hingga pekan ini.

Para penambang yang datang dari luar Maluku dan warga daerah terus melakukan aktivitas tersebut, padahal, aparat keamanan sudah mengintruksikan agar penambang mengosongkan daerah Gunung Botak.

Untuk mengelabui aparat keamanan, para penambang melakukan aktivitas menambang di malam hari, karena jika dilakukan pada siang hari, pihak kepolsiain dan anggota TNI akan melarang dan menahan mereka. Mengetahui aksi tersebut, aparat gabungan dari TNI/Polri langsung melakukan penyisiran terhadap para penambang.

Penyisiran yang dilakukan pada Rabu kemarin berhasil dilakukan. Sedikitnya ratusan penambang berhasil diamankan oleh aparat keamana, serta dengan barang bukti mereka, berupa air mercuri, sianida, hasil emas dan mesin tromol.

Dalam penyisiran tersebut, aparat sempat bersitegang dengan para penambang. Mereka melakukan perlawanan terhadap aparat, lantaran tak terima untuk dilakukan penutupan di areal tambang.

Atas aksi penambangan secara ilegal dan menggunakan bahan kimia ini membuat tanaman di kawasan Gunung Botak rusak, lantaran tercemari bahan kimia tersebut. Langkah penutupan tambang Gunung Botak oleh aparat keamanan ini atas intruksi Presiden Joko Widodo pada Mei 2015 lalu.

Selain itu, Komnas HAM juga menemukan puluhan kali terjadi kerusuhan yang menewaskan ratusan nyawa. (redaksi/kilasmaluku)

Komentar
Click to comment

BERITA POPULER

To Top