AMBOINA

Fadly Pastikan Bertarung di Musda DPD KNPI Maluku

KILASMALUKU.com- Bursa pemilihan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) provinsi Maluku beberapa bukan kedepan dipastikan penuh persaingan ketat. Sejumlah figur telah menyatakan diri untuk maju bertarung dalam hajat kepemudaan tiga tahun sekali tersebut, salah satunya adalah Adhy Fadly.

Kepada Rakyat Maluku, Adhy mengaku keinginan maju dan bersaing dalam bursa DPD KNPI Maluku dilatari dorongan sejumlah organisasi kepemudaan (OKP) di Maluku,”Alasan substansial bertarung di KNPI selain dorong beberapa teman-teman OKP, ada kebijakan strategis yang menegasikan eksistensi kepemudaan. Jadi beberapa kelomponen pemuda curhat soal termarginalkan. Padahal semu orang tahu bahwa KNPI merupakan wadah berhimpun kaum muda dalam mengeksplorasi gagasan dalam bentuk konsepsi-konsepsi mengawal kebijakan pembangunan dan juga terpenting sebagai garda pembaharuan dan perubahan ke arah lebih baik,” akui Adhy, kemarin.

Menurut Adhy, desakan tersebut tentunya merupakan akumulasi dan distras atas kepemimpinan kepemudaan saat ini yang terkesan stagnan dalam menjalankan program krusial sebagai agenda penting perubahan dan terkesan eforia.

“Secara persoalan desakan yang didasarkan pada beberapa alasan tersebut menjadi akumulasi kepemimpinan yang beku dan tidak cair kepada para pemuda Dilingkaran kepemimpinan sehingga bagi saya ini harus bisa dioptimalkan kedepan dengan mengembalikan Marwah dan peran para pemuda di Maluku khususnya,” tuturnya.

Dia mengaku, perubahan menjadi agenda mendesak kaum muda di Maluku yang diwadahi KNPI. Pasalnya perubahan tidak bisa ditunggu, harus dikejar. Perubahan yang dimaksudkan adalah aktualisasi gagasan kepemudaan dalam mendorong pertumbuhan pembangunan di Maluku dan menjadikan pemuda sebagai tonggak penting dalam mendorong arus perubahan tersebut.

“Saya tegaskan agar pemuda tidak terjebak pada hipokrasi dan slogan perubahan. Pemuda sebagai agent perubahan harus bisa selaras antara idea dan realitas. Aktualisasi atas peran dan fungsi kepemudaan sangat penting sebagai tulang punggung perubahan di Maluku, bukan terjebak pada konteks kepentingan personal atau kelompok dan mengabaikan agenda besar sebagai tuntutan penting kepemudaan. Untuk itu, perubahan tidak bisa ditunggu melainkan harus dikejar,” paparnya tegas.

Selain itu, Adhy juga mengkritik model pengelolaan KNPI sebagai wadah yang terkesan hanya untuk kepentingan personal dan kelompok tertentu. Padahal hakikat ber-KNPI sangat jelas dan apalagi sebagai wadah para pemuda. Tentunya pertarungan idea dan gagasan akan mewarnai kepemimpinan dan itu mengenakan bahwa KNPI adalah ruh pergerakan perubahan. Tapi jika model majamen ‘tukang sate’ maka tentunya Marwah KNPI terdegradasi dengan sendirinya.

“KNPI itu organisasi kepemudaan bukan wadah milik person atau kelompok yang seenaknya mengelola organisasi untuk memuluskan kepentingan mereka. Realitasnya mungkin seperti ini, dan pemuda Maluku mengalami degradasi moral dan kesadaran kritis terhadap problem dan agenda pembangunan daerah,”kritiknya.

Kedepan harusnya KNPI jauh dari intervensi kekuasaan politik dan tidak menjadi bamper penguasa yang menjerumuskan pemuda kewilayah-wilayah pragmatis.

“Kerap tampak atau tidak para oknum-oknum tertentu terkontaminasi dengan kepentingan pragmatis sehingga menjadi bemper penguasa. Ini harus diminimalisir dan dihilangkan. Tradisi kaum muda atau pemuda harus dibangkitkan kembali kedepan. KNPI harus jauh dari intervensi kekuasaan agar bebas nilai dalam memberikan kontribusi peran demi mengawal pembangunan daerah,” ucapnya.

Adhy menuturkan, peemuda di harapkan tetap mampu menjadi ‘people make history’,”pemuda harus mampu melegakan sejarah positif bagi bangsa dan negara terkhususnya daerah,” ucapnya.

Untuk diketahui, Adhy Fadly anggota Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat STIEM Bongngaya, Makassar (1999), Sekretaris DPC Gerakan Anti Narkoba (Granat) Kota Ambon (2007-2011), Direktur Lembaga Pemerhati Maluku (2010-sekarang), Direktur PAPARISA Perjuangan Maluku (2015-sekarang), dan Fungsionaris Forum Perjuangan Kebangsaan Maluku di Jakarta (2015-sekarang). (redaksi)

Komentar
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

BUAT HARI ANDA BERKUALITAS
QUICK CONTACT:
OFFICE :

Graha L9 Lantai 3, Jalan. Raya Kebayoran Lama Pal 7. No 17, Jakarta Selatan.

© 2016 KILASMALUKU.COM by FAJAR.co.id

To Top