Bikin Kebijakan Menyimpang, Assagaf Ancam Batalkan SK Mutasi Mantan Bupati SBB – Kilas Maluku
DAERAH

Bikin Kebijakan Menyimpang, Assagaf Ancam Batalkan SK Mutasi Mantan Bupati SBB

kantor bupati kabupaten seram bagian barat. Foto: indoplaces.com

KILASMALUKU.com- Gubernur menyikapi tegas Surat Keputusan (SK) Mutasi Jabatan Eselon IIb dari mantan Bupati SBB, Jacobus Puttileihalat. SK tersebut dinilai cacat hukum karena melanggar Surat Edaran Menpan RB, No. 02/2016 Tentang Pergantian Pejabat Pasca Pilkada.

Menurut Assagaff, kebijakan mantan Bupati SBB tidak dibenarkan berdasarkan UU No.8/205 tentang perubahan atas Undang Undang Nomor 1/2015 tentang penetapan Penetapan Perpu No. 1/2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota menjadi undang-Undang, khususnya pasal 162 ayat 03: Gubernur, Bupati, atau Walikota dilarang melakukan penggantian pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi atau Kabupaten/Kota, dalam jangka waktu enam bulan terhitung sejak tanggal pelantikan.

Sendangkan, Jacobus Puttileihalat menerbitkan SK mutasi pada tanggal 7 September 2016. “Ini sudah melanggar aturan yang ditetapkan Menpan-RB,” kata Assagaff.

Menanggapi protes gubernur, Jacobus berdalih proses mutasi eselon IIb sudah dilakukan sejak Febuari 2016, bersamaan dengan eselon III dan IV, namun proses pelantikannya tidak boleh bersamaan, karena harus sesuai aturan, apalagi untuk pelantikannya harus mendapat rekomendasi dari KASN.

Tak hanya itu, Puttileihallat beralasan, jika proses seleksinya sudah melalui tim sesuai perintah KASN, dengan melibatkan tim dari Universitas Pattimura, BKD Provinsi Maluku.

“Ada suratnya, jadi tidak sebarang Bupati melantik, dan surat tertulis sudah disampaikan kepada Gubernur Maluku,”pungkasnya.

Menyikpai ungkapan Gubernur yang akan membatalkan SK pelantikan, dirinya mengatakan silahkan saja, dimana proses pelantikan sudah sesuai aturan.

“Yang disampaikan Pak Gubernur, adalah, kalau ada salah silahkan membatalkan, tetapi jangan sampai sudah benar lalu dibatalkan, ini tentu akan membuat masalah baru,” ungkapnya.

Untuk itu, dirinya meminta agar proses ini harus dilihat sesuai aturan atau tidak. (redaksi_02/kilasmaluku)

Comments

comments

NEWS UPDATE

BUAT HARI ANDA BERKUALITAS
QUICK CONTACT:
OFFICE :

Graha L9 Lantai 3, Jalan. Raya Kebayoran Lama Pal 7. No 17, Jakarta Selatan.

© 2016 KILASMALUKU.COM by FAJAR.co.id

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!