Banjir Lumpur Hantam Werinama. Empat Rumah Rusak, Kampung Terisolasi – KILASMALUKU.com
DAERAH

Banjir Lumpur Hantam Werinama. Empat Rumah Rusak, Kampung Terisolasi

KILASMALUKU.com- Banjir lumpur merendam sebagian pemukiman penduduk di Negeri Werinama Kecamatan Werinama Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Jumat (29/8). Tidak ada korban jiwa selain 1 buah rumah rusak berat, 3 rumah rusak ringan dan akses jalan tertutup.

Informasi dari saksi mata Mat Lessy, warga Werinama menyebutkan, banjir lumpur disebabkan oleh jebolnya ribuan ton endapan tanah longsor yang menahan jalan air di Sungai Wae Lutin.

FB_IMG_1469835009716

Akibatnya, air mendorong lumpur turun ke kampung dan merendam sebagian pemukiman penduduk.

“Banjir lumpur di Werinama ni kejadiannya seperti peristiwa jebolnya Dam Waiela di Negeri Lima tempo hari. Mengapa begitu, karena awalnya terjadi tanah longsor yang menimbun Sungai Wae Lutin sehingga air tertampung atau tidak bisa mengalir. Nah, pada saat hujan lebat, air meluap dan menjebol endapan longsor yang menutup jalan air,” ujar Lessy melalui saluran telepon.

Kondisi banjir di Werinama

Banjir menghantam rumah penduduk di Werinama

Bencana tersebut menyebabkan ruas jalan menuju Bemo terendam lumpur, 1 buah rumah rusak berat dan beberapa rusak ringan, Pohon yang tumbang ikut merusak saluran pipa air yang mengalir ke rumah warga.

FB_IMG_1469834989512

“Kiriman lumpur dari gunung tu keluar pas di tower telkomsel di ujung kampung Werinama. Banjir lumpur yang turun dari gunung berlangsung sangat cepat sehingga lumpur menyebar sampai ke dalam kampung, ” ungkap Lessy.

Saat ini, ruas jalan yang tertimbun lumpur dan pohon tumbang telah dibersihkan, sementara Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Timur telah turun melakukan tanggap darurat bencana dengan menginventarisir kerusakan.

Namun warga Werinama tetap meningkatkan kewaspadaan menghadapi kemungkinan terburuk karena masih terdapat sebuah batu besar di lokasi longsor yang sewaktu-waktu bisa jatuh dan Sungai Wae Lutin masih menyimpan potensi bencana banjir lumpur susulan. (Redaksi_03/kilasmaluku)

Comments

comments

NEWS UPDATE

BUAT HARI ANDA BERKUALITAS
QUICK CONTACT:
OFFICE :

Graha L9 Lantai 3, Jalan. Raya Kebayoran Lama Pal 7. No 17, Jakarta Selatan.

© 2016 KILASMALUKU.COM by FAJAR.co.id

To Top