Saran Kemenpar: Agar Banda Masuk 10 Destinasi Wisata Nasional, Segara Lakukan Ini – KILASMALUKU.com
DAERAH

Saran Kemenpar: Agar Banda Masuk 10 Destinasi Wisata Nasional, Segara Lakukan Ini

KILASMALUKU.com- Selain menyinggung masalah pariwisata secara umum, Asisten Deputi Industri Pariwisata, Kementrian Pariwisata (Kemenpar) RI Agus Priono, juga mengungkap masalah pariwisata di Banda Naira, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng).

Dalam Kunjungannya ke Ambon, Jumat (2/6), Priono mengakui kalau Banda memiliki nama besar yang dikenal dunia. Namun nama saja belum cukup untuk mendorong destinasi ini masuk dalam daftar 10 tujuan wisata nasional.

“Nama saja belum cukup, harus didukung dengan syarat lain seperti infrastruktur. Banda belum memenuhi kriteria ini, sehingga belum masuk 10 destinasi pariwisata nasional,” ujar Priono di Ambon kemarin.

Menurutnya, tidak dipungkiri jika keindahan Banda Naira menarik perhatian banyak wistawan. Orang-orang dari seluruh dunia selalu menjadikan pulau rempah-rempah ini sebagai agenda kunjungannya. Namun kesiapan infrastruktur yang akhirnya menjadi penghalang.

Seperti kebanyakan kasus, masalah transportasi selalu dikeluhkan para wisatawan, berikut juga dengan akses komunikasi dan sarana pendukung lain.

Meski begitu, Priono mengatakan Kemenpar tetap memasukan Banda sebagai salah satu tujuan wisata yang potensial.

“Saya sarankan, untuk jadikan Banda Naira sebagai tujuan utama wisata di Indonesia, maka harus dimasukan dan ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus atau KEK Pariwisata,” ujar Priono.

Dikatakan, selain infrastruktur, penurunan kunjungan wisata ke Banda juga menjadi pertimbangan mengapai pulau ini belum masuk dalam 10 destinasi utama Nasional.

Kendala lain, menurut dia, ketika masuk dalam KEK Pariwisata, apakah ada lahan yang tersedia. Mengingat, penetapan suatu kawasan sebagai KEK Pariwisata merupakan suatu strategi dalam percepatan pembangunan, serta memudahkan dalam pengurusan perijinan lainnya.

“Ini yang harus diperhatikan pemerintah daerah jika serius ingin mendorong sektor pariwisata,” katanya. (klm/YANTO)

Comments

comments

NEWS UPDATE

BUAT HARI ANDA BERKUALITAS
QUICK CONTACT:
OFFICE :

Graha L9 Lantai 3, Jalan. Raya Kebayoran Lama Pal 7. No 17, Jakarta Selatan.

© 2016 KILASMALUKU.COM by FAJAR.co.id

To Top