Asik.. Tahun Depan Maluku Dapat Banyak Kapal Penumpang. Ada 20 Kapal Rende dan 2 Kapal Besar – KILASMALUKU.com
DAERAH

Asik.. Tahun Depan Maluku Dapat Banyak Kapal Penumpang. Ada 20 Kapal Rende dan 2 Kapal Besar

ilustrasi

KILASMALUKU.com- Kementrian Perhubungan (Kemenhub) saat ini tengah mengerjakan penyelesaian 20 kapal rende untuk menunjang transportasi di wilyah kepulauan. Targetnya 2017 kapal-kapal tersebut sudah bisa dioperasikan.

“Jika selesai langsung kita serahkan untuk beroperasi di Maluku dan sekitarnya. Semoga 2017 nanti sudah bisa difungsikan,” ujar Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Kementrian Perhubungan, Tonny Budiono, di Ambon, Senin (30/6).

Menurutnya, sebagai provinsi kepulauan, Maluku sangat membutuhkan kapal rede, terutama bagi daerah-daerah kondisi lautnya tidak memungkinkan kapal besar masuk.

Meski begitu, kata Budiono, penyerahan kapal hanya sekeder memenuhi volume transportasi, melainkan juga didasarkan pada kebutuhan dan kondisi lapangan.

“Jangan sampai kita menyiapkan kapal rede, tetapi tidak memenuhi aspek keselamatan. Dimana hal ini menjadi perhatian serius oleh pak Menteri Iqnasius Jonan, mengingat keselamatan merupakan harga mati,” terangnya.

Lanjutnya, pemerintah saat ini lagi menfokuskan untuk melakukan pembangunan di wilayah Indonesia bagian timur termasuk Maluku. Apalagi dengan program nawacita Presiden Joko Widodo, yaitu membangun Indonesia dari pinggiran.

Selain 20 kapal rede, jelas Budiono, Maluku juga akan diberikan dua kapal, yang sampai saat ini masih dalam proses pembuatan, dan ditargetkan selesai tahun ini.

“Untuk itu, saya meminta dukungan dari Pemerintah Daerah Maluku, sehingga proses pembuatan kapal dapat berjalan dengan lancar,” harapnya. (klm/YANTO)

Comments

comments

NEWS UPDATE

BUAT HARI ANDA BERKUALITAS
QUICK CONTACT:
OFFICE :

Graha L9 Lantai 3, Jalan. Raya Kebayoran Lama Pal 7. No 17, Jakarta Selatan.

© 2016 KILASMALUKU.COM by FAJAR.co.id

To Top